DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 18:47 WIB

Pembangunan Underpass Karanglo Dimulai, Lalin di Malang Direkayasa

Muhammad Aminudin - detikNews
Pembangunan Underpass Karanglo Dimulai, Lalin di Malang Direkayasa Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pembangunan underpass Karanglo, Singosari, Malang, dimulai hari ini. Underpass dibuat sebagai akses keluar masuk tol Pandaan-Malang untuk pintu Singosari (Karanglo).

Satlantas Polres Malang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas mencegah dan mengatasi kemacetan. Rencananya underpass Karanglo dibangun sepanjang 400 meter. Dari panjang itu, 150 meter dari arah Surabaya-Malang, tengah simpang empat (Karanglo) 100 meter dan sisanya arah Kota Malang (selatan).

"Jadi underpass Karanglo ditujukan untuk memecah kemacetan, karena dampak pembangunan jalan tol. Kami menyiapkan alternatif untuk mengurai kepadatan dan kemacetan baik dari arah Surabaya-Batu, Surabaya-Kota Malang, Batu-Surabaya dan begitu sebaliknya," ungkap Kasatlantas Polres Malang AKP Wiliam Thamrin Simatupang kepada wartawan di Mapolres Jalan Ahmad Yani, Kepanjen, Jumat (11/1/2019).

Menurut Wiliam, skema terpenting adalah dengan disiapkan jalur menuju Kota Batu dari Surabaya. Selain itu, menyiapkan rambu-rambu dan petugas di lokasi untuk mengatur lalu lintas.


"Akan ada contra flow sedikit 100 meter untuk dari arah Surabaya ke Kota Batu, satu jalur disiapkan rambu dan anggota untuk memecah arus, dari Surabaya ke Kota Malang ada jalur khusus, disiapkan anggota juga. Ke arah Kota Malang ada dua jalur, jika padat dialihkan sedikit ke jalan tol sekitar 100 meter dan kemudian bisa melanjutkan ke Kota Malang," beber Wiliam.

Sosialisasi sudah mulai dilakukan oleh Satlantas Polres Malang dibantu Dinas Perhubungan Kabupaten Malang. Prediksi peningkatan volume kendaraan akan terjadi pada akhir pekan.

"Akhir pekan, volume kendaraan pastinya meningkat. Kita bersama instansi terkait sudah mulai sosialisasi bersamaan dengan dimulainya pengerjaan underpass," ungkap Wiliam.

Ditambahkan, pembangunan underpass akan memakan waktu selama empat bulan. Target pada Mei 2019 nanti, underpass bersamaan dengan jalan tol akan diresmikan.


"Memang timline-nya Januari ini, disiapkan sarana prasarana samping (frontage), sebelum mengerjakan yang tengah (underpass). Target empat bulan, kondisi cuaca memungkinkan Mei akan diresmikan bersama jalan tol sekaligus," terangnya.

Dimulainya pembangunan underpass juga dibenarkan PT Jasa Marga Pandaan-Malang. Bahwa progress underpass mulai dikerjakan pelaksana proyek hari ini.

"Iya sudah mulai hari ini, progress sudah jalan. Untuk lebih teknisnya bisa bertanya langsung kepada pelaksana," ungkap Humas PT Jasa Marga Pandaan-Malang Agus Tri Antyo terpisah.

Tri mengungkapkan, jika pembangunan ruas tol Pandaan-Malang sudah mencapai 85 persen. Target pada akhir Febuari mendatang akan tuntas sampai exit tol Pakis dan Kota Malang.

"Target akhir Febuari selesai, untuk sekarang sudah mencapai 85 persen pengerjaan," sambung Tri melalui telpon.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed