DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 15:53 WIB

Sepak Terjang Muncikari, Siska Kuasai 45 Artis dan Tentri 100 Model

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Sepak Terjang Muncikari, Siska Kuasai 45 Artis dan Tentri 100 Model Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File
Surabaya - Nama Endang Suhartini alias Siska dan Tentri Novanta belakangan menjadi sorotan. Kedua mucikari ini ditetapkan sebagai tersangka kasus prostitusi artis.

Meski baru 'beroperasi' di tahun 2017, keduanya telah membawahi puluhan artis dan model. Siska diketahui spesialis penyedia layanan esek-esek dengan 'katalog' artis. Terhitung, Siska menaungi 45 artis. Hal ini juga diakui olehnya.

"Ada 45 artis dan sudah dilihat oleh petugas-petugas polisi," ujar Siska mengamini pertanyaan detikcom di Mapolda Jatim, Kamis (10/1/2019).

Sedangkan Tentri memiliki 100 model yang siap kapan saja dipesan oleh user atau klien.


Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebut transaksi yang dilakukan para muncikari ini bernilai cukup besar. Sebab tarif yang dipatok para muncikari ini berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 100 juta.

Saat dikonfirmasi, Siska pun tak menampik informasi tersebut. "Kemarin kan sudah dijelaskan oleh petugas ya sekitar segitu," tuturnya singkat.

Selain itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menambahkan kedua muncikari berbisnis prostitusi untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya yang tinggi.

"Iya (cukup tinggi). Dia ikut ke Bali, ikut ke luar negeri juga kok. Kalau motifnya ya untuk kebutuhan ekonomi," ungkap Barung.


Barung juga menyebut meski keduanya telah beroperasi sejak tahun 2017, namun polisi baru mengintai jaringan ini dalam kurun satu bulan terakhir.

Secara kebetulan kemudian ada masyarakat yang melapor secara online tentang adanya kegiatan prostitusi di wilayah hukum Polda Jatim.

"Kita mengetahui hal ini dari informasi masyarakat yang memberitahukan ada kegiatan transaksi prostitusi di wilayah hukum Polda Jatim," ungkap Kasubdit V Cyber Crime AKBP Harissandi beberapa waktu lalu.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed