Cerita Petugas Puskesmas Saat Pelajar Tulungagung Melahirkan di Toilet

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 11 Jan 2019 10:54 WIB
Foto: Istimewa
Tulungagung - Kasus dugaan pembuangan bayi yang baru dilahirkan seorang pelajar di Tulungagung ke kloset menggegerkan instansi Puskesmas Kauman. Petugas medis baru mengetahui kejadian sesaat setelah orang tua pelaku berteriak minta tolong.

Kepala Puskesmas Kauman, Aris Setiawan, mengatakan kejadian pembuangan bayi ke dalam kloset puskesmas berawal saat pelaku yang berusia 16 tahun diantarkan ke IGD sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu pelaku mengeluh sakit perut dan nyeri pinggang.


"Kebetulan saat itu terjadi pergantian petugas jaga, kemudian juga berbarengan dengan penanganan salah satu pasien yang dalam kondisi gawat darurat dan harus dirujuk ke RSUD, sehingga petugas masih konsentrasi untuk menangani pasien itu," kata Aris Setiawan, Jumat (11/1/2019).

Saat proses penanganan pasien gawat darurat, pelaku pergi ke toilet dengan alasan untuk buang air besar dengan diantar orang tuanya. Namun setelah ditunggu lama, pelaku tidak kunjung keluar dari kamar mandi.


"Akhirnya orang tuanya mengetok pintu dan kemudian dibuka. Orang tuanya baru teriak setelah melihat ada bayi di kloset toilet. Kemudian petugas kami langsung berusaha memberikan pertolongan," ujarnya.

Namun setelah dievakuasi, bayi berjenis kelamin perempuan itu dinyatakan dalam kondisi meninggal dunia. Lantaran muncul dugaan kesengajaan dalam peristiwa itu, petugas Puskesmas Kauman langsung melaporkan ke polisi. (fat/fat)