DetikNews
Jumat 04 Januari 2019, 16:19 WIB

Lebih 3 Kecamatan Jalur Pantura Situbondo Rawan Longsor

Ghazali Dasuqi - detikNews
Lebih 3 Kecamatan Jalur Pantura Situbondo Rawan Longsor Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Pengguna jalan yang melintas di jalur pantura Situbondo hendaknya lebih waspada. Khususnya saat terjadi hujan deras dan angin kencang. Sebab ada beberapa titik di sepanjang jalan pantura Situbondo yang diperkirakan rawan bencana.

Baik bencana longsor, genangan air, hingga pohon tumbang. Pihak BPBD Situbondo sendiri mulai melakukan langkah antisipasi jatuhnya korban terkait ancaman bencana tersebut.

"Kami sudah memetakan titik-titik rawan bencana di sepanjang jalur pantura Situbondo, sejak menjelang tahun baru kemarin. Harus segera diantisipasi," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan kepada detikcom, Jumat (4/1/2019).

Hasil pemantauan BPBD Situbondo, papar Gatot, ada beberapa titik rawan longsor yang tersebar di jalur pantura Situbondo. Di antaranya di Kecamatan Banyuglugur serta beberapa titik di Kecamatan Kendit dan Kecamatan Bungatan. Di kawasan tersebut, terdapat tebing dan perbukitan di tepi jalan. Di antaranya bahkan pernah terjadi longsor.

"Di beberapa titik rawan longsor itu nantinya akan kita pasang plang tulisan 'Rawan Longsor', agar pengguna jalan lebih berhati-hati. Insya Allah tahun ini anggarannya sudah tersedia," tandas Gatot Trikorawan.

Selain rawan longsor, sepanjang jalur pantura juga banyak pohon rawan tumbang. Di antaranya bahkan dahan pohon mengarah ke jalan raya. Pohon terbilang rawan tumbang karena kondisinya banyak yang sudah cukup tua. Selain itu, kondisi tanah banyak berubah gembur atau lembek setelah terus diguyur hujan.

"Pohon rawan tumbang ini tersebar di sepanjang jalan raya pantura Situbondo. Termasuk di jalan raya kawasan Hutan Baluran. Makanya, pengendara hendaknya lebiih hati-hati. Apalagi saat ini cuaca sering tidak bersahabat," saran Gatot.

Terkait banyaknya pohon rawan tumbang di tepi jalan raya, papar Gatot, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Selain dengan Dinas Bina Marga Jatim, selaku pemangku jalan nasional pantura Situbondo, juga ke pihak Taman Nasional (TN) Baluran. Pihak BPBD akan meminta agar pohon-pohon rawan tumbang di sepanjang pantura Situbondo segera di pangkas atau ditebang. Khususnya dahan yang mengarah ke jalan raya.

"Selain berkoordinasi, kita juga akan berkirim surat resmi. Baik ke Bina Marga Provinsi maupun ke pengelola TN Baluran," papar Gatot.

Tak hanya rawan longsor dan pohon rawan tumbang saja. Di sepanjang jalan raya pantura Situbondo juga ada beberapa titik yang rawan terjadi genangan banjir, saat hujan deras mengguyur. Di antaranya di jalan raya Pasir Putih Kecamatan Bungatan, dan di jalan raya Hutan Baluran Kecamatan Banyuputih. Karena itu, pengguna jalan juga diminta lebih waspada.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed