DetikNews
Senin 31 Desember 2018, 16:59 WIB

Pos Pelayanan di Jatim Makin Inovatif, Polisi: Harus Jadi Sahabat

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Pos Pelayanan di Jatim Makin Inovatif, Polisi: Harus Jadi Sahabat Foto: Istimewa
Gresik - Sejak tahun lalu, pos pengamanan (pos pam) dan pos pelayanan (pos yan) di Jawa Timur telah banyak berubah. Tak hanya sekadar pos saja, namun ada inovasi di dalamnya.

"Ini betul-betul menjadi sahabat, tidak ada kesan yang menakutkan. Pos yan harus dikonsep dengan sedemikan rupa. Mengikuti perkembangan milenial dan dikonsep sesuai dengan budaya masing-masing," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan usai mengunjungi pos yan Bumblebee milik Polres Gresik di Halaman Icon Mall, Gresik, Senin (31/12/2018).

Luki menjelaskan, saat ini pos yan maupun pos pam di Jatim tidak hanya berfungsi untuk menerima laporan dari masyarakat saja, melainkan juga harus menjadi sahabat masyarakat.


"Saya terkesan dengan pos yan Polres Gresik karena dikonsep bertema Autobot. Sehingga, menarik bagi keluarga maupun anak-anak," kata Luki.

Luki menambahkan sejumlah pos yan dan pos pam yang dikunjungi sudah menyajikan banyak inovasi. Meski demikian, pengamanan tetap menjadi prioritas utama. Terutama di penghujung tahun 2018 ini.

"Kami terus bersinergi dengan TNI bersama-sama mengamankan di penghujung tahun. Alhamdulillah, sampai saat ini aman dan kondusif," ungkap Luki.


Dengan adanya pos yan dan pos pam yang unik di polres-polres penyangga ibu kota Surabaya seperti Gresik, diharapkan bisa menarik perhatian masyarakat. Selain itu, Luki mengimbau di setiap pos yan membuat acara masing-masing, sehingga semua warga tidak berkunjung ke Surabaya.

"Silakan kami tidak melarang, kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti kegiatan bersifat keagamaan. Karena di penghujung tahun ini, ada saudara kita yang di wilayah Banten dan Lampung terkena musibah bencana tsunami. Kita doakan untuk keselamatan kita dan saudara-saudara kita," tandas Luki.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed