Pohon Roboh Timpa Mobil, Jalur Pantura di Banyuwangi Macet

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 31 Des 2018 13:19 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Sebuah mobil berpenumpang tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Situbondo, tepatnya di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Pengendara mobil Daihatsu Xenia bernomer L 1993 TB itu pun sempat terjepit badan mobil yang tertimpa pohon. Warga sekitar kemudian bahu-membahu mengevakuasi korban.

Pohon tersebut dilaporkan tumbang sekitar pukul 11.30 WIB. "Saat itu memang ramai di jalan. Tapi yang kena cuma satu mobil Avanza itu," ujar Fajar Isnaini, salah satu saksi mata kepada detikcom, Senin (31/12/2018).


Pohon Roboh Timpa Mobil, Jalur Pantura di Banyuwangi MacetFoto: Ardian Fanani

Fajar mengatakan, pohon itu tumbang karena akarnya lapuk. Pengendara yang tertimpa pohon pun disebut tak bisa menghindari robohnya pohon itu saat melaju dari utara menuju ke selatan.

"Kelihatan tercabut dari tanah. Akarnya sampai naik. Tadi tidak sempat menghindar. Kena moncongnya mobil. Coba pas tengah ndak tau sudah mas," tutur Fajar.

Kendati demikian, menurut Fajar, proses evakuasi terhadap korban yang tertimpa pohon berlangsung dengan cepat. "Kedua kaki sempat terjepit," imbuhnya.


Pohon Roboh Timpa Mobil, Jalur Pantura di Banyuwangi MacetFoto: Ardian Fanani

Kasat Lantas Polres Banyuwangi, AKP Prianggo Malau, membenarkan kejadian tersebut. Saat ini pihaknya berupaya membantu mengevakuasi korban dan kendaraan yang tertimpa pohon. BPBD juga turun tangan untuk melakukan pembersihan jalan dengan memotong pohon yang roboh.

Prianggo menambahkan tumbangnya pohon tersebut mengakibatkan jalur menuju Pantura macet karena pohon berdiameter 1 meteran lebih itu melintang di tengah jalan.

Selama penanganan, jalur Pantura ditutup untuk sementara waktu.

"Kita evakuasi dulu mobil dan penumpangnya sambil menunggu pohon yang roboh dipotong dan juga dipinggirkan. Untuk sementara jalan pantura kita tutup. Nanti setelah bersih akan kita buka kembali," pungkasnya. (lll/lll)