DetikNews
Senin 31 Desember 2018, 11:47 WIB

Kemenhub Pantau Arus Liburan Natal dan Tahun Baru di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kemenhub Pantau Arus Liburan Natal dan Tahun Baru di Banyuwangi Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memantau langsung kelancaran arus liburan Natal dan Tahun Baru 2019 di Banyuwangi. Pemantauan dilakukan via darat, laut maupun udara.

Kemenhub menugaskan Heri Sudarmaji, Inspektur V Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan dan Irwan Fanani, auditor madya pada Kementerian Perhubungan, untuk memantau Pelabuhan ASDP Ketapang, Bandara Internasional Banyuwangi (BIB) dan jalan-jalan utama di Banyuwangi.

"Kita pantau via darat, laut dan udara. Semuanya lancar dan tidak ada penumpukan. Terlihat tidak ada kendala dalam transportasi untuk arus liburan tahun baru ini," ujar Heri kepada detikcom, Senin (31/12/2018).


Heri juga menjelaskan Kemenhub melakukan pemantauan langsung seperti ini untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan maupun moda transportasi lainnya.

"Saat ini, seluruh staf dan petinggi di Kemenhub memiliki tugas memantau langsung kegiatan transportasi di seluruh Indonesia. Kami harap ini bisa memberikan kenyamanan pengguna jalan dan moda transportasi. Salah satu contoh kita juga memantau langsung pelabuhan penyeberangan Ketapang. Kita ingin ada peningkatan keselamatan pengguna jasa penyeberangan ini," paparnya.


Terkait dengan banyaknya bencana di Indonesia, Heri juga mengaku saat ini Kemenhub terus melakukan koordinasi dengan BMKG dan Basarnas. Kemenhub diakui membutuhkan peringatan cuaca atau bencana dini agar kecelakaan transportasi bisa dicegah ataupun diminimalisir.

"Seperti penerbangan dan pelayaran, kita butuh cuaca yang diprakirakan oleh BMKG. Dengan itu kami bisa meminimalisir dan mencegah terjadinya kecelakaan udara ataupun laut," pungkasnya.

Sementara itu, seluruh pihak yang terlibat ikut melakukan pengamanan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2019, mulai dari kepolisian, TNI hingga insan Perhubungan. Mereka menyebar di pos-pos yang didirikan di beberapa lokasi, seperti terminal, pelabuhan dan stasiun kereta api.

Selain itu, ada juga taruna penerbangan dari BP3 Banyuwangi melakukan pemantauan langsung di udara dengan pesawat latih Cessna 172 SP. Pemantauan meliputi Bandara Internasional Banyuwangi (BIB) dan sekitar Selat Bali.

"Pemantauan lewat udara ini kita lakukan sebelum libur Natal hingga nanti setelah Tahun Baru. Kami ingin berkontribusi dalam keamanan dan keselamatan di Banyuwangi," ujar Genny Luhung Prasojo Kepala BP3 Banyuwangi kepada detikcom.

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed