detikNews
Sabtu 29 Desember 2018, 16:16 WIB

Perpaduan Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Mba Puti, Menangkan Jokowi-Maruf

Andhika Dwi - detikNews
Perpaduan Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Mba Puti, Menangkan Jokowi-Maruf Foto: Andhika Dwi
Kediri - Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) wilayah Eks Karasidenan Kediri resmi mendeklarasikan diri dan siap menangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dukungan terhadap capres nomor urut 01 itu didasari dengan sebagian besar kalangan santri menerima manfaat dari pemerintahan Jokowi.

Para santri, kiai dan kalangan ibu rumah tangga yang tergabung dalam JKSN wilayah Eks Kerasidenan Kediri berkumpul sejak pukul 07.00 WIB, Sabtu (29/12/2018) di kawasan lapangan Monumen Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.

Hadir dalam acara tersebut Khofifah Indar Parawansa, Koordinator Nasional JKSN pusat yang juga langsung mengukuhkan deklarasi tersebut.

"Maka dengan rahmat Allah YME dan memohon pertolongan ridho Allah, kami berikrar untuk bergabung dalam Jaringan Kiai Santri Nasional dengan komitmen tinggi, tekad yang kuat, dan ikhtiar yang sungguh-sungguh," jelas Gus Munir, Sabtu (29/12/2018).

JKSN memutuskan mendukung Jokowi karena menurutnya, sebagian besar masyarakat muslim, menerima manfaat dari pemerintahan Jokowi. Seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, hingga Program Keluarga Harapan, pembangunan akses jalan tol, dan penetapan Hari Santri Nasional.

Menurut Khofifah, gerakan ini merupakan gerakan menabuh genderang untuk memberikan semangat kepada kiai dan santri mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Apalagi pada periode pertama, di wilayah Kediri suara Jokowi terbanyak di Jawa Timur.

"Semoga dengan dikukuhkan dukungan ini, akan lebih bnyak lagi. Karena gabungan dari Pilgub Jawa Timur antara Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Mba Puti, pasti menambah perolehan suara di Jawa Timur," ujarnya.

"Ini merupakan gerakan yang dari bottom up dan niscaya gerakan yang sulit digoyang dan masuk angin, semoga membawa semangat kepada lainnya. Apalagi suara pak Jokowi di periode awal Kediri tertinggi di Jatim, semoga kali ini perpaduan suara Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Mba Puti semakin memperkuat kemenangan Jokowi-Maruf," tambahnya.

Usai acara deklarasi, peserta yang didominasi ribuan ibu-ibu ini langsung berebut bersalaman dan berswafoto dengan Khofifah serta Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, yang juga hadir dalam deklarasi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed