5 Kali Gempa Susulan di Malang, BMKG: Warga Diimbau Tak Terhasut Isu

5 Kali Gempa Susulan di Malang, BMKG: Warga Diimbau Tak Terhasut Isu

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 29 Des 2018 10:16 WIB
Foto: Ilustrasi
Malang - Stasiun Geofisika Karangkates mencatat ada lima gempa susulan, pasca gempa berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang Malang, Jumat (28/12) malam. Warga diimbau tetap waspada dan tidak terhasut isu yang menyesatkan.

"Tercatat ada lima kali gempa susulan, pasca gempa pertama terjadi kemarin, pukul 22.14 Wib," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, Musripan kepada detikcom, Sabtu (29/12/2018), pagi.

Musripan menerangkan, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempab umi berkekuatan M=4.1 dengan pusat pada koordinat 9.16 LS - 112.78BT, tepatnya di laut pada jarak 102 km Tenggara Kabupaten Malang terjadi pada kedalaman 10 km.

"Peta tingkat guncangan shake map BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi menimbulkan guncangan II-III MMI di wilayah Malang dan sekitarnya," beber Musripan.


Hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan adanya dampak kerusakan pada gempa yang terjadi.

"Laporan yang diterima BMKG bahwa di daerah tersebut guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang di Malang, hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi. Jika ditinjau dari lokasi pusat gempanya, gempabumi tersebut berada di laut yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi," sambung Musripan.

Gempa berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang Malang, Jawa Timur. Gempa ini dirasakan dengan kekuatan 2-3 MMI di wilayah Malang.

Informasi gempa ini disampaikan BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG pada Jumat (28/12/2018). Menurut akun tersebut, gempa terjadi pada pukul 22.14 WIB dengan pusat gempa berada di kedalaman 10 KM.



Simak juga video 'BNPB Terus Pantau Gunung Api di Bawah Laut Bengkulu':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)