Warga Probolinggo Kembali Tangkap Seekor Ular Sanca

M Rofiq - detikNews
Jumat, 28 Des 2018 19:51 WIB
Foto: M Rofiq
Foto: M Rofiq
Probolinggo - Seekor ular sanca ditangkap warga Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ini adalah ular kedua yang ditangkap oleh warga.

Ular tersebut berwarna kuning keemasan dengan motif hitam di seluruh bagian tubuhnya. Ular yang memiliki panjang sekitar 3 meter dan berat 3 kilogram itu ditangkap setelah masuk ke halaman rumah warga.

Salah satu warga, Mahfud (38), mengatakan penangkapan ular ini merupakan kali kedua. Sebelumnya ular jenis yang sama berhasil ditangkap dan dibunuh usai memakan ayam dan itik milik warga. Diduga ular yang ditangkap ini merupakan pasangan ular yang ditangkap sebelumnya.


Mahfud mengatakan ular berhasil ditangkap setelah masuk ke tumpukan kayu kelapa yang berada di halaman rumah Masrifah (40) sekitar pukul 18.00 WIB. Warga kemudian menangkapnya secara ramai-ramai lalu dimasukkan ke karung.

"Engkok bellis pak' gara-gara olar, ajem sengkok reggenah Rp 1,5 juta lober ekakan. Dinnah eoderrah bik sengkok mon bedeh olar pole, mon bisah bungkonnah eyoberrah bik sengkok (Saya marah pak, gara-gara ular ini ayam saya yang harga Rp 1,5 juta hilang dimakan. kalo ada ular lagi saya akan buru, kalo bisa saya akan bakar sarangnya)," kata Mahfud dalam bahasa Madura, Jumat (28/12/2018).

Setelah tertangkap, ular sanca tersebut diamankan warga. Jika nantinya ada yang berminat membelinya, ular tersebut akan dijual. Uang hasil penjualannya akan disumbangkan ke musala setempat.


Sementara itu warga lainnya, Masrifah (40) berharap agar petugas terkait segera datang ke lokasi. Pasalnya, diperkirakan masih ada beberapa ular yang berkeliaran di tumpukan kayu kelapa tersebut.

"Ya masih ada kayaknya pak, saya harap ada petugas membersihkannya agar tidak mengancam keselamatan warga, utamanya anak-anak," harap Masrifah. (iwd/iwd)