detikNews
Kamis 27 Desember 2018, 13:22 WIB

Kontraktor Penyuap Wali Kota Pasuruan Gagal Selesaikan Proyek

Muhajir Arifin - detikNews
Kontraktor Penyuap Wali Kota Pasuruan Gagal Selesaikan Proyek Plt Wali Kota Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Proyek Gedung dan Bangunan Pengembangan Layanan Usaha Terpadu-Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) yang mengantarkan Wali Kota Pasuruan Setiyono menjadi tersangka KPK, terancam mangkrak.

Kontraktor telah menghentikan pelaksanaan pekerjaan proyek senilai Rp 2.297.464.000, tersebut. Penghentian dilakukan akhir tahun 2018 atau beberapa hari lagi.

"Proyek PLUT rekanannya sudah membuat surat pernyataan tak sanggup menyelesaikan pekerjaan dengan sisa batas waktu 2018 yang kurang beberapa hari ini," kata Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo usai memimpin Apel Siaga Darurat Bencana di Mapolres Pasuruan Kota, Kamis (27/12/2018).


Teno mengatakan pengerjaan proyek gedung di Jalan Ahmad Yani, Gadingrejo, Kota Pasuruan, itu baru mencapai 70 persen. Dengan sisa waktu 4 hari tak mungkin bisa diselesaikan.

"Yang kita bayarkan sesuai prestasi kerja yang 70 persen tersebut," terangnya.

Dengan dihentikan pengerjaan, proyek gedung milik Dinas Koperasi dan UMKM tersebut terancam mangkrak. Pemkot Pasuruan belum memiliki rencana terkait penyelesaian gedung.


"Kita belum menganggarkan (untuk penyelesaiannya)," terang politikus PDIP ini.

Selain proyek PLUT-KUMKM, sejumlah pelaksana proyek juga diputus kontrak karena tak sanggup menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal.

"Para kontraktor yang tak sanggup menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal ini masuk buku hitam (black list)," tandas Teno.


KPK menetapkan Wali Kota Pasuruan Setiyono sebagai tersangka dugaan suap proyek belanja modal gedung dan bangunan pengembangan PLUT-KUMKM. Selain Setiyono, Dwi Fitri Nurcahyo selaku Plh Kadis PU Kota Pasuruan dan Wahyu Tri Hardianto selaku staf Kelurahan Purutrejo, serta seorang dari CV Mahadir, selaku pemenang tender, Muhamad Baqir, juga ditetapkan tersangka.


Saksikan juga video 'KPK Geledah Kantor Wali Kota Pasuruan':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed