DetikNews
Kamis 27 Desember 2018, 11:29 WIB

Jelang Tahun Baru, Disperindag Jatim: Harga Bahan Pokok Stabil

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jelang Tahun Baru, Disperindag Jatim: Harga Bahan Pokok Stabil Kepala Disperindag Jatim Drajat Irawan/File
Surabaya - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jatim memantau harga pangan menjelang Tahun Baru 2019. Pemantauan ini melalui aplikasi Siskaperbapo, Sistem Informasi Ketersediaan Harga Barang Pokok.

Dalam pantauannya, tidak ada kenaikan yang cukup signifikan. Stok pangan di Jatim juga cenderung aman.

"Melalui aplikasi yang namanya Siskaperbapo, Sistem Informasi Ketersediaan dan Harga Barang Pokok, sehingga data dari 116 pasar ini bisa langsung online ke kantor kita dengan melibatkan 200 pencacah data," kata Kepala Disperindag Jatim Drajat Irawan saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Kamis (27/12/2018).

Drajat menambahkan dengan menggunakan aplikasi, pihaknya lebih mudah untuk memantau harga di seluruh Jatim. Menurut Drajat, data-data ini juga cukup akurat.

"Data-data ini yang menjadi sinyal berapa kemudian kenaikan harga-harga di tiap-tiap pasar di 38 kabupaten dan kota yang sudah relatif validasinya sudah bagus," imbuhnya.

Selain itu, Drajat mengaku harga-harga bahan pokok cenderung stabil dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Misalnya saja harga beras hingga harga di sektor peternakan seperti daging hingga telur, juga stabil.

"Harga cenderung stabil. Ternyata dari data yang ada itu untuk rumpun beras baik Beras Bengawan, Beras Mentik pada kondisi yang stabil artinya harganya juga sesuai HET bahkan di bawah HET," ucap Drajat.

"Kalau di rumpun peternakan itu harga daging sapi, daging ayam dan telor itu ternyata dengan kondisi beberapa hari ini, daging sapinya normal, daging ayamnya normal dan telurnya sudah mulai normal dengan digelontor jagung 5.000 ton ditambah lagi 60.000 ton. Sehingga sudah stabil harga telur," lanjutnya.

Sementara saat ditanya terkait harga produk pabrik seperti minyak dan beras, Drajat mengatakan harganya cenderung stabil. Begitu pula dengan bumbu sapur seperti cabai juga harganya masih stabil.

"Untuk produk yang pabrikan kayak tepung, gula, minyak goreng lebih stabil lagi. Rumpun bumbu-bumbuan seperti cabai keriting, cabai merah, cabai rawit juga pada kondisi yang stabil. Dengan kata lain, Jawa Timur sampai tahun baru Insya Allah stabil karena ketersediaan cukup dan harga-harga sebagai indikasi terhadap ketersediaan yang stabil," pungkasnya.


Saksikan juga video 'Mendag Pastikan Stok Pangan Natal dan Tahun Baru Aman':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed