detikNews
Selasa 25 Desember 2018, 11:30 WIB

Ribuan Wisatawan Habiskan Libur Natal di KBS, Arus Lalin Macet

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Ribuan Wisatawan Habiskan Libur Natal di KBS, Arus Lalin Macet Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi tempat idola masyarakat Jawa Timur untuk menghabiskan libur Natal 2018. Akibatnya, arus lalu lintas di persimpangan depan KBS macet.

Dari pantauan detikcom, kemacetan terjadi mulai fly over Wonokromo hingga jalan depan KBS. Petugas kepolisian dibantu Dishub Surabaya dan Satpol PP terus mengatur arus lalin di sekitar Kebun Binatang Surabaya, mulai dari Jalan Wonokromo, Darmo hingga Jalan Diponegoro.

Kapolsek Wonokromo, Kompol Rendy Surya Aditama mengatakan arus lalu lintas macet di depan wisata Kebun Binantang Surabaya mulai sejak pagi tadi.

"Kemacetan sejak pukul 08.00 WIB tadi, awal dibukanya KBS. Ribuan kendaraan sudah memenuhi jalan," kata Rendy kepada detikcom, Selasa (25/12/2018).

Rendy menjelaskan selain volume kendaraan cukup tinggi yang melintas di depan KBS, salah satu pemicu kemacetan adalah penurunan penumpang tidak pada semestinya.

Ribuan Wisatawan Habiskan Libur Natal di KBS, Arus Lalin MacetFoto: Deny Prastyo Utomo

"Salah satu pemicu kemacetan adalah taksi online dan mobil pribadi yang menurunkan penumpang tidak pada tempatnya," ungkap Rendy.

Untuk mengurai kemacetan sendiri, dikatakan Rendy pihaknya bersama dengan Dishub Kota Surabaya membuat jalur buka tutup.

"Kita buat contra flow, bagi yang ingin masuk ke KBS. Sebab parkiran sudah penuh sejak pagi, kita alihkan ke Jalan Cisadane, Jalan Jambi dan untuk pengedara roda dua dan roda empat kita buatkan jalur khusus agar memperlancar arus lalin," ujar Rendy.

Rendy juga menambahkan jika kemacetan masih akan terus berlangsung hingga siang nanti.

"Puncak arus lalin akan terjadi pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Sebab hari ini, diprediksi puncak pengunjung KBS," tandasnya.


Simak Juga 'Misa Natal, Paus Fransiskus Ajak Manusia Hidup Sederhana':

[Gambas:Video 20detik]



(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com