DetikNews
Sabtu 22 Desember 2018, 12:58 WIB

Ekspedisi APPSI Rampungkan Safari di 34 Provinsi, Jatim Pamungkas

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ekspedisi APPSI Rampungkan Safari di 34 Provinsi, Jatim Pamungkas Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur se-Indonesia telah rampung menyelesaikan misinya. Ekspedisi yang telah diselenggarakan sejak tanggal 7 September 2018 lalu akhirnya sampai di kabupaten terakhir di Jawa Timur.

Ekspedisi yang dilaksanakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini memiliki misi mendorong pertumbuhan UMKM go digital. Tak hanya itu, ekpedisi yang menggandeng Bukalapak dan detikcom ini bertujuan mewujudkan Smart Province, khususnya di bidang perizinan, melalui pemanfaatan teknologi.

Ketua Yayasan Tunas Muda Jatim sekaligus Ketua Tim Ekspedisi APPSI, Kiagus Firdaus mengatakan ekspedisi yang menggandeng Bukalapak ini manfaatnya dapat dirasakan secara langsung, terutama dalam mengintegrasikan berbagai kebijakan daerah dengan teknologi.

Di antaranya terkait kerjasama pembinaan, pendampingan dan pemasaran UKM secara online, realisasi smart province, dan upgrading warung klontong yang berdaya saing digital.


"Ekspedisi kita selama 106 hari dengan jarak tempuh 17.579 km dan berhenti 34 provinsi," ujar Firdaus dalam sambutannya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (21/12/2018).

Firdaus juga menceritakan suka duka yang dihadapi timnya selama ekspedisi, semisal saat tiba di Papua, timnya terpaksa 'bersembunyi' di dalam hotel karena kunjungan mereka bertepatan dengan ramainya peristiwa penembakan 31 pekerja jembatan Trans Papua.

"Di Papua, kami sampai di sana 3 Desember, berbarengan sama yang 31 orang ditembak. Kita tidak boleh melakukan kegiatan," kisahnya.


Kendati demikian, Gubernur Soekarwo mengapresiasi kerja tim ekspedisi yang telah mensosialisasikan misi mereka. Dalam sambutannya, ia pun mengingatkan pentingnya perdagangan elektronik (e-commerce) sebagai solusi dalam mempermudah perdagangan, terlebih dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

"Bukan lagi berapa derajat kira-kira urgensi tapi ini pilihan yang tidak mungkin tidak harus kita lakukan. To be or not to be terhadap sistem yang bergerak hari ini 4.0 nanti 5.0, yang ini menjadi saya berproses untuk teknologinya untuk semua bisa," tegas pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo tersebut.

Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur ini dilaksanakan sejak 7 September hingga 21 Desember 2018. Ekspedisi ini menggunakan dua unit mobil SUV melewati 34 provinsi dengan jarak 17.579 Km. Dalam ekspedisi ini, tim APPSI mengunjungi 170 UKM dan berhasil meliput 102 inovasi.


Tonton video 'Mendag: Pilihan Politik Boleh Beda, Urusan Perut Rakyat Nomor 1':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed