detikNews
Kamis 20 Desember 2018, 12:34 WIB

Kota Pahlawan akan 'Diruwat' Bengkel Muda Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kota Pahlawan akan Diruwat Bengkel Muda Surabaya Foto: Istimewa
Surabaya - Bengkel Muda Surabaya (BMS) menggelar aksi kesenian dan budaya. Aksi yang bertajuk 'Kota dan Konstruksi Kesunyian' ini menyajikan sebuah orkestra dari berbagai unsur seni.

Bertempat di Balai Pemuda Surabaya, pertunjukan ini digelar kurang lebih 120 menit, Sabtu (22/12/2018) mendatang.

"Aksi tersebut merupakan pertunjukan kompilasi dari berbagai macam disiplin kesenian seperti tari, teater, musik, senirupa, film dan sastra, yang mencoba merespon kondisi dan kesibukan sebuah kota," kata Wali Muhammad, Ketua Panitia pertunjukan 'Kota dan Konstruksi Kesunyian' dalam keterangan tertulis, Kamis (20/12/2018).

Wali mengungkapkan, pertunjukan yang juga menampilkan aksi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini itu dimaknai sebagai ruwatan membaharui 'kekeliruan', baik alam maupun tangan manusia.

"Pertunjukan ini tidak membagi cerita kecuali dimaksudkan untuk mencari landasan baru terciptanya kesenian urban (urban art,red). Mencoba menjawab tantangan warga kota agar seni tidak dipersepsi sebagai sebuah kesia-siaan yang membebani tapi menjadi potensi yang berkontribusi terhadap perkembangan sebuah kota," jelas Wali.

Sementara, Ketua Bengkel Muda Surabaya Heroe Budiarto menuturkan, meski di tengah-tengah arus global, sebagai insan yang menggeluti di bidang seni dan budaya harus selalu terbuka, waspada dan lebih giat belajar serta mengasah kepekaan sosial. Kendati muncul istilah industri kreatif, badan ekonomi kreatif, revolusi indutri kreatif 4.0 dan masih banyak istilah seabrek lainnya.

"Kami menyakini bahwa perkembangan tersebut tidak boleh lepas meninggalkan aspek sosial, memanusiakan manusia. Menghargai manusia bagian dari perubahan atau peradaban. Tidak berpaling karena melesatnya teknologi dan hati nurani tidak menjadi peka dan terasah," ujar Heroe.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com