Petugas Mulai Bersihkan Dampak Banjir di Kota Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 11 Des 2018 11:01 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Petugas gabungan mulai membersihkan dampak banjir di Kota Malang. Pagi ini, terpantau petugas membersihkan sisa banjir di rumah makan Ringin Asri di Jalan Soekarno-Hatta. Berikut juga tumpukan bambu yang menyumbat aliran sungai berada tepat di depan rumah makan tersebut.

Seperti diketahui, kawasan rumah makan Ringin Asri tenggelam akibat luapan sungai di depannya. Derasnya air juga meluber hingga mengubah badan jalan, seperti aliran sungai.

"Petugas gabungan dari BPBD, PU, dan OPD lain bersama-sama melakukan pembersihan dampak banjir. Salah satunya di kawasan rumah makan Ringin Asri dan sejumlah titik lainnya," ungkap Plt Kepala BPBD Kota Malang Handi Priyantono kepada wartawan, Selasa (11/12/2018).


Wali Kota Malang Sutiaji melalui rilis resmi yang disebarkan Pemkot Malang, mengaku telah memerintahkan seluruh perangkat untuk menangani dampak banjir.

Petugas bersih-bersih dampak banjir di Malang/Petugas bersih-bersih dampak banjir di Malang/Foto: Muhammad Aminudin

"Cuaca ekstrem kita tidak tahu datangnya, dan juga melanda beberapa daerah lainnya di Indonesia. Namun demikian atas nama Pemkot Malang, saya sampaikan permohonan maaf kepada segenap warga yang terdampak. Ini pekerjaan rumah kita semua, karena dari langkah awal memetakan dan mendata titik kejadian. Hal lain adalah sampah-sampah yang mengganggu saluran air dan jumlahnya tidak main-main. Saya telah perintahkan untuk tangani itu semua," ujar Sutiaji.

Sementara Plt Ketua Pelaksana Harian BPBD Kota Malang Handi Priyantono menambahkan, pendataan dan assesment telah dilakukan terkait bencana yang terjadi.


Pembersihan dampak banjir mulai dilakukan. Keterbatasan personel dan sarana prasarana menjadi kendala. "Bencana yg datang juga sporadis di beberapa titik perlu kewaspadaan kita semua, masyarakat dan dunia usaha," papar Handi.


Sksikan juga video 'Ganasnya Banjir Malang Sebabkan Mobil Hanyut dan Tanah Ambrol':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)