DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 12:09 WIB

Viral Penampakan Gunung Semeru yang 'Bertopi' Awan

Muhammad Aminudin - detikNews
Viral Penampakan Gunung Semeru yang Bertopi Awan Foto: Istimewa
Malang - Fenomena unik terlihat di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, pagi tadi. Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut nampak seolah-olah 'bertopi'. Fenomena ini pun menjadi bahan perbincangan di media sosial.

'Topi' yang diduga berada di atas kawah Gunung Semeru itu terbentuk dari kumpulan awan putih yang keluar dari kawah Jonggring Saloko.

Salah satu netizen bernama Arifin berhasil mengabadikan penampakan tersebut dan mengunggahnya ke laman Facebook miliknya, Senin (10/12/2018) pagi ini.


Foto-foto yang disertakan memperlihatkan 'topi' berwarna putih menutup bagian puncak gunung (Mahameru) setinggi 3.678 mdpl tersebut.

Viral Penampakan Gunung Semeru yang 'Bertopi' AwanFoto: Istimewa

Dalam postingan-nya, Arifin menyebut foto itu diambil pada pukul 06.05 WIB, ketika ia tak sengaja melihatnya.

"Saya nggak sengaja saat jalan2 dan melihat gunung Semeru memakai topi, terus saya foto," tulis Arifin dalam laman Facebook-nya, Senin (10/12/2018).


Menurut Arifin, kepulan asap putih kerapkali terlihat menyembur dari mulut kawah jika kondisi cuaca sedang baik.

Namun penampakan Gunung Semeru 'bertopi' itu tak berlangsung lama, hanya muncul selama 15-20 menit. Lama-kelamaan 'topi' yang berada di atas gunung kemudian memudar, bersamaan dengan teriknya cuaca pagi.

Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) Bandung, Gunung Semeru sedang dalam status Waspada di level II. Batas pendakian pun hanya diperbolehkan sampai ke titik Kalimati.


Saksikan juga video 'Potret Gunung Anak Krakatau Erupsi dan Muntahkan Lava Pijar':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed