Gerakan Gemar Ikan, Anak-anak Banyuwangi Makan Ikan di Pantai

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 09 Des 2018 16:00 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pantai Mustika, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur ramai dengan anak-anak. Tak hanya berwisata, anak usia Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) juga menikmati makan ikan di pinggir pantai.

Olahan ikan di sediakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama dengan Pokmas Wisata Pancer dan PT Bumi Suksesindo (BSI) dalam acara Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan). Satu persatu terlihat anak-anak ini sangat lahap menyantap berbagai olahan kuliner berbahan ikan.

"Enak sekali, saya suka makan ikan," ucap salah satu pelajar, Minggu (9/12/2018).

bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat dengan menjadikan makan ikan sebagai budaya. Seperti yang telah dicanangkan Pemerintah.

"Ikan merupakan jenis makanan kaya gizi dan ketersediannya cukup melimpah. Dengan menggemari makan ikan diharapkan gizi masyarakat semakin baik," ucap Manager Corporate Communications PT BSI, Mufizar Mahmud kepada detikcom.

Yang istimewa, seluruh bahan baku ikan yang digunakan murni dari hasil tangkapan nelayan Pancer sendiri. Dengan kata lain, acara ini juga membuktikan bahwa hasil tangkapan ikan nelayan setempat masih melimpah.

"Dan tentu saja sangat aman untuk dikonsumsi," imbuh Mufi, sapaan akrab Mufizar Mahmud.

Yang terakhir, lanjutnya, kegiatan sengaja dipusatkan di Pantai Mustika, karena PT BSI sangat mendukung tumbuh kembang sektor pariwisata. Terlebih sektor ini memang sedang getol dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Banyuwangi.

"Semoga kegiatan ini dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai Mustika," pungkasnya.

Sekedar diketahui, di sepanjang acara, ratusan pelajar itu didampingi oleh guru serta orang tua. Di situ mereka berbaur bersama, dan diperkenalkan sejumlah jenis ikan kepada mereka. Dan di penghujung, mereka bersama-sama menyantap kuliner olahan ikan.


Tonton juga 'Gerakan Gemar Ikan, Anak-anak Banyuwangi Makan Ikan di Pantai':

[Gambas:Video 20detik]

(bdh/bdh)