DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 17:10 WIB

Longsor Kembali Terjadi di Trenggalek, Ini Rincian Kerusakannya

Adhar Muttaqin - detikNews
Longsor Kembali Terjadi di Trenggalek, Ini Rincian Kerusakannya Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Rentetan longsor kembali terjadi di wilayah Trenggalek. Kali ini bencana tersebar di dua kecamatan, yakni Panggul dan Munjungan. Akibatnya sejumlah rumah dan jalan mengalami kerusakan.

Kasubbag Humas Pemkab Trenggalek, Agus Wiyono, mengatakan lokasi longsor terjadi di Desa Nglebeng dan Terbis Kecamatan Panggul, Desa Tawing, Karangturi, Masaran, Ngulungkulon dan Desa Craken Kecamatan Munjungan.

"Untuk di Desa Nglebeng ada lima rumah yang tertimpa longsor, kemudian Terbis satu rumah. Sedangkan di wilayah di Desa Masaran satu rumah, Ngulungkulon satu rumah, Karangturi satu rumah dan Tawing satu jembatan rusak," kata Agus, Rabu (5/12/2018).

Sementara di Desa Craken, longsor mengakibatkan jalur utama antar kecamatan yang menghubungkan Munjungan dengan Panggul terganggu. Badan jalan sepanjang 50 meter ambrol. Selain itu akses jalan menuju Pantai Ngadipuro juga longsor sepanjang 20 meter.

Longsor timpa rumah warga Trenggalek/Longsor timpa rumah warga Trenggalek/ Foto: Adhar Muttaqin

Juru bicara Pemkab Trenggalek ini menjelaskan bencana tanah longsor yang terjadi di dua kecamatan tersebut dipicu oleh tingginya intensitas curah hujan pada Selasa malam.

"Terkait kondisi tersebut, TRC (Tim Reaksi Cepat) dari BPBD Trenggalek bersama aparat TNI, kepolisian sudah melakukan peninjauan di lokasi kejadian dan membantu warga untuk membersihkan material longsor," jelasnya.

Agus memastikan, dampak kerusakan rumah akibat tanah longsor sporadis tersebut tidak sampai berat, sehingga rumah-rumah yang tertimpa matrial longsor masih bisa ditempati oleh pemiliknya.

"Rata-rata yang hancur bagian dapur dan tembok belakang, karena biasanya rumah di wilayah pegunungan itu belakangnya adalah iebing. Kemudian untuk jalan yang longsor sudah dipasang peringatan dan rambu," kata Agus Wiyono.


Saksikan juga video 'Truk Tertimpa Longsor di Trenggalek Dievakuasi':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed