Dua Hari Berturut-turut Surabaya Puncaki Voting Guangzhou Award

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 05 Des 2018 10:29 WIB
Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File
Surabaya - Selama dua hari berturut-turut, Surabaya berada di peringkat pertama dalam voting Guangzhou International Award for Urban Innovation 2018 untuk kategori City of Your Choice.

Dari pantauan detikcom di website www.guanzhouaward.org, Kota Pahlawan meraup voting sebesar 890.708 suara atau unggul 189.625 suara dari Kota Yiwu yang berada di urutan kedua. Sedangkan urutan ketiga ditempati oleh Sante Fe, Argentina.


Salah satu faktor keberhasilan Surabaya memuncaki peringkat pertama dalam voting tersebut tidak lepas dari imbauan Wali Kota Tri Rismaharini yang sempat membuat vlog berisi ajakan memberikan voting.

"Ayo teman-teman Surabaya, bantu Kota Surabaya dengan cara vote Kota Surabaya. Nanti alamatnya akan diberi di admin ini. Kemudian memilih Surabaya satu akun dengan berkali-kali tiap satu jam," kata Risma seperti dikutip dalam vlognya, Rabu (5/12/2018).


Dua Hari Berturut-turut Surabaya Puncaki Voting Guangzhou AwardFoto: Istimewa

Risma sendiri saat ini sedang melakukan lawatan ke Korea Utara dan China. Sepulangnya dari China, Risma akan mempresentasikan inovasi yang dimiliki Surabaya agar bisa memenangi Guangzhou Award di hadapan 400 juri.

Presentasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2018 mendatang.


Diberitakan sebelumnya, tahun ini, untuk pertama kalinya, Kota Surabaya berhasil menembus 15 besar finalis Guangzhou Award bersama sejumlah kota di dunia seperti Yiwu (China), Wuhan (China), Mezitli (Turki), Sidney (Australia), Salvador (Brazil), Kazan (Rusia), Milan (Italia), Repentigny (Kanada), New York (USA), Durban (Afrika Selatan), Santa Ana (Kosta Rica), Utrecht (Belanda), Santa Fe (Argentina), dan Guadalajara (Meksiko).

Ini adalah keempat kalinya Surabaya mendaftarkan diri agar dapat menjadi nominasi dalam ajang tersebut. Surabaya juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam ajang ini.

Ingin berkontribusi untuk Surabaya? Voting masih dapat diberikan hingga tanggal 7 Desember. Voting tidak hanya terbatas pada warga Surabaya saja, tetapi juga warga kota lain di Indonesia.



Simak video 'Risma Ngevlog Ajak Vote Surabaya di Guangzhou Award':

[Gambas:Video 20detik]

(lll/lll)