Awas, Ada Lubang Longsoran di Jalan Akses Antarkecamatan Ini

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 04 Des 2018 09:37 WIB
Foto: Istimewa
Bojonegoro - Jalan akses antardesa dan kecamatan di Bojonegoro mendadak longsor pasca hujan deras, Senin (3/12/2018) malam. Khawatir muncul korban jiwa, lubang longsoran itu pun diberi penanda seadanya.

Lubang longsoran ini ditemukan di bahu jalan RT 07 RW 02 Desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro dan diketahui memiliki lebar 2 meter dan kedalaman sekitar 7 meter.

Keberadaan lubang longsoran itu pun meresahkan warga karena jalan selebar 5 meter ini merupakan akses utama warga Desa Ngrejeng, terutama untuk warga RT 03 hingga 07. Bahkan jalur ini juga digunakan masyarakat sebagai akses utama warga Kecamatan Purwosari dan Kecamatan Gayam.


"Ya warga Ngrejeng kalau ke Mojodelik, Gayam memilih jalan ini. Tapi saat ini longsor habis hujan deras tadi," ujar salah satu warga, Yudi kepada detikcom, Selasa (4/12/2018).

Awas, Ada Lubang Longsoran di Jalan Akses Antarkecamatan IniFoto: Istimewa

Karena lubang longsoran itu belum ditutup, warga kemudian berinisiatif memasang penanda seadanya berupa bambu yang diletakkan di pinggir lubang. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak muncul korban jiwa, apalagi di bawah jalan itu merupakan Sungai Panggang.


Dimintai keterangan terkait lubang longsoran ini, pemerintah Kecamatan Purwosari mengaku akan mengajak warga bekerja bakti untuk memasang patok dari bambu agar dampak longsoran tidak meluas.

"Segera kita lakukan koordinasi dengan SKPD terkait. Dan untuk sementara kita akan kerja bakti pasang bambu patok agar longsoran tidak meluas," terang Camat Purwosari, Bayu secara terpisah.

Meski ada longsoran, warga memastikan ruas jalan ini masih bisa dilewati kendaraan motor. Begitu juga dengan kendaraan roda empat kendati harus bergantian. (lll/lll)