DetikNews
Senin 03 Desember 2018, 13:09 WIB

2 Penumpang KM Gerbang Samudra akan Jalani Operasi

Amir Baihaqi - detikNews
2 Penumpang KM Gerbang Samudra akan Jalani Operasi Foto: Amir Baihaqi/File
Surabaya - Dua penumpang KM Gerbang Samudra I yang masih mendapat perawatan di RS PHC Perak masih menjalani pearawatan intensif. Rencananya akan dilakukan tindakan operasi.

Dua pasien tersebut masing- masing atas nama Syarifah (35) asal Sungai Asai dan Maryati (64) asal Banjarmasin. Mereka diketahui sebelumnya mengalami luka patah tulang kaki kiri dan memar pada punggung serta panggul.

Humas RS PHC, Azmi Anisa mengatakan, kedua pasien saat ini masih mendapatkan intensif. Sedangkan masing-masing keluarga sudah menjenguk ke RS PHC untuk mendampingi.


"Pasien atas nama Syarifa sudah stabil, hari ini rencana akan dilakukan pemasangan gips pada telapak kaki kiri agar tidak menimbulka dislokasi tulang," kata Azmi saat dihubungi detikcom, Senin (3/12/2018).

"Sedangkan pasien atas nama Maryati (sebelumnya didiagnosa memar pada punggung dan panggul), kondisi sudah mulai stabil, pagi ini sedang dilakukan pemeriksaan CT Scan/MRI," lanjutnya.

Sementara seluruh penumpang yang sebelumnya ditampung di Hotel Semut dan Irian di Jalan Samudra, Pabean Cantian diketahui telah meninggalkan hotel.


Salah satu penumpang Sutikno (57) saat dihubungi mengatakan dirinya sudah berada di rumah. Seluruh penumpang meninggalkan hotel setelah mendapatkan ganti rugi dari pihak KM Gerbang Samudra I.

"Kami meninggalkan hotel sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah ada ganti rugi dari pihak kapal. Ganti ruginya sesuai kesepakatan awal sopir dapat Rp 1 juta dan penumpang sekitar Rp 750 ribu," kata pria asal Diwek, Jombang itu.

KM Gerbang Samudra I terbakar di Perairan Karang Jumuang, Gresik, Minggu (2/12/2018) dini hari. Dalam insiden tersebut, tiga orang dinyatakan hilang. Ketiganya merupakan ABK kapal yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Bandarmasih Banjarmasin.

Dalam proses evakuasi berlangsung sejak pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB, berhasil menyelamatkan 145 penumpang. Rinciannya 81 orang dewasa, 5 anak-anak, 2 bayi, 26 sopir dan 31 ABK.

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed