detikNews
Minggu 02 Desember 2018, 22:00 WIB

153 Mahasiswa Papua Berhasil Dievakuasi, Jalan Kalasan Kembali Dibuka

Amir Baihaqi - detikNews
153 Mahasiswa Papua Berhasil Dievakuasi, Jalan Kalasan Kembali Dibuka Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Sebanyak 153 mahasiswa Papua yang ada di asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya, berhasil dievakuasi. Mereka dari perguruan tinggi di beberapa kota di Indonesia.

Proses evakuasi mahasiswa Papua ini berjalan lancar dan kondusif. Meski begitu, ratusan polisi dan TNI berjaga di sekitar lokasi. Pasalnya, ratusan massa dari ormas mengepung area asrama saat mengetahui mahasiswa Papua tiba di asrama.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol udy Setiawan mengatakan, seluruh mahasiswa yang dievakuasi dibagi dalam 2 kelompok menggunakan 5 bus.


"Satu bus berjumlah 50 orang sudah kita kembalikan ke daerah Malang karena mereka berasal dari daerah Malang, mahasiswa Malang. Dan kurang lebih ada 103 kita kembalikan ke berbagai daerah, kita turunkan di Terminal Purabaya, Bungurasih," kata kapolrestabes usai evakuasi, Minggu (2/12/2018).

Penjagaan di depan asrama mahasiswa Papua/Penjagaan di depan asrama mahasiswa Papua/ Foto: Amir Baihaqi

Dia menjelaskan keberhasilan evakuasi karena dukungan dari berbagai pihak.

"Mewakili Danrem, Dandim kemudian dari Polda Jatim dan seluruh masyarakat. Komponen masyarakat yang cinta NKRI, ini keberhasian kita bersama dapat mengevakuasi mereka semua dengan lancar dan kondusif," lanjutnya.


Dari pantauan detikcom setelah evakuasi, massa dari berbagai ormas juga langsung membubarkan diri. Sepanjang Jalan Kalasan dan Pacar Keling yang semula diblokade juga kembali dibuka untuk umum.

Sementara di depan asrama mahasiswa Papua, polisi sudah berangsur-angsur meninggalkan lokasi. Tampak beberapa anggota Lintas dan Satpol PP tampak berjaga di depan asrama mahasiswa Papua.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com