DetikNews
Sabtu 01 Desember 2018, 19:59 WIB

Ini Donasi untuk Palu-Donggala Pasca Menhub dan Abdee Lelang Gitar

Amir Baihaqi - detikNews
Ini Donasi untuk Palu-Donggala Pasca Menhub dan Abdee Lelang Gitar Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Menhub Budi Karya Sumadi dan Abdee Slank berhasil mengumpulkan dana Rp 3 miliar usai lelang barang-barang pribadi. Ini dilakukan untuk membantu korban bencana Kota Palu dan Donggala.

Lelang yang digelar di Ballroom Ciputra World Mall, Jumat (30/11/2018) malam atas inisiatif Menhub Budi Karya dan Abdee Slank. Turut hadir berpartisipasi sponsirship Managing Director PT Santos Jaya Abadi, Paulus Imanuel Nugroho.

"Hasil lelang sekitar Rp 3 M. Yang cukup menarik tentunya gitar merk Fender milik Pak Budi Karya Sumadi yang ditandatangani kita bertiga laku dilelang sebesar Rp 900 juta," kata Paulus saat dihubungi detikcom, Sabtu (1/12/2018).

Selain barang-barang pribadi milik Menhub dan Abdee Slank, sebuah lagu penutup kolaborasi menhub ternyata juga dilelang. Lagu tersebut laku dilelang Rp 200 juta.

Paulus mengatakan, acara tersebut sudah terselenggara dua kali yakni di Jakarta dan Surabaya. Sedangkan untuk total dari lelang di Jakarta dana yang terkumpul Rp 5 miliar. Sama seperti di Jakarta, Menhub dan Abdee Slank juga tetap dilibatkan, di samping para pengusaha.

"Hubungan antara menteri, musisi, pengusaha, akademis (UGM) dan rakyat sangat cair. Membangun semangat togetherness, melupakan perbedaan, secara bersama-sama. Membangun kembali Palu Sigi dan Donggala," ujarnya.

Sumbangan Dari hasil lelang ini, lanjut Paulus, nantinya akan diperuntukan untuk membangun kawasan dan bangunan yang rusak seperti rumah ibadah dan gedung sekolah. Tidak hanya sarana dan prasarana, bantuan juga nantinya akan digunakan untuk membangun perputaran ekonomi kembali.

"Nanti kita juga mengadopsi satu desa, yang kita bangun sarana umumnya. Kita akan lakukan program sociopreneurship yng telah terbukti berhasil di Aceh dan Bantul," terang Paulus.

Selain itu acara lelang, Act for Pray juga akan mendonasikan boneka untuk trauma healing untuk anak-anak korban bencana. Sedangkan untuk area yang belum dialiri listrik disediakan filter air minum.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed