Warga Tembak Mati Sanca yang Mangsa Ternak di Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Selasa, 27 Nov 2018 14:59 WIB
Foto: M Rofiq
Foto: M Rofiq
Probolinggo - Warga Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo berhasil menangkap sanca yang telah memangsa ternak. Saking jengkelnya, warga menembak sanca itu hingga mati.

"Berengsek riah se ngakan tang ajem, se sarah pas melenah cek jeunah ben regenah larang, gik ebedilah bek engkok (brengsek ini ular, ayam jago saya dimakan, saya cari bersusah payah dan juga belinya mahal, tunggu saya tembak aja ular ini," ujar Mahfud saat melihat ular tersebut tertangkap, Selasa (27/11/2018).

Mahfud memang kesal karena ayam jago aduannya yang seharga Rp 1,5 juta dimangsa sanca. Mahfud kemudian pulang dan mengambil senapan angin. Mahfud lalu mengarahkan senapan anginnya ke arah kepala sanca.


"Bengkah beknah, tompes lah tompes (matilah kamu, matilah mati)," teriak Mahfud sambil tiga kali menembakkan senapannya ke kepala sanca.

Saat Mahfud menembak, tak ada warga yang menghalangi. Setelah ditembak, kepala sanca itu terkulai lalu tak bergerak. Bangkai ular sanca jantan itu kemudian menjadi tontonan warga. Jika dilihat, bagian tengah perut ular terlihat menonjol. Diduga ular tersebut baru saja memangsa ternak warga.


Warga sepakat menjual ular itu jika ada yang membelinya. Namun jika tak ada yang membelinya, maka warga akan menguburkan bangkai ular sepanjang 3 meter itu.

Ular sanca tersebut ditangkap warga karena selama seminggu belakangan sudah 15 ternak milik warga, 10 ayam dan 5 itik, hilang dimangsanya. Warga menduga ada dua sanca yang berkeliaran. Satu sanca berkelamin jantan sudah ditangkap. Kini warga berusaha memburu satu sanca yang masih berkeliaran. (iwd/iwd)