detikNews
Senin 26 November 2018, 13:28 WIB

Ojol 'Warok' Tuntut Prabowo Subianto Minta Maaf

Charolin Pebrianti - detikNews
Ojol Warok Tuntut Prabowo Subianto Minta Maaf Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Sebanyak 50-an pengemudi Ojek Online (Ojol) di Ponorogo menuntut Capres Prabowo Subianto meminta maaf di hadapan pengemudi Ojol di seluruh Indonesia. Mereka tersinggung dengan ucapan Prabowo saat berada di Indonesia Economic Forum 2018, beberapa waktu lalu.

Tuntutan tersebut mereka sampaikan di Paseban, Alun-Alun Ponorogo, Senin (26/11/2018). Mereka membawa tulisan: 'Save Ojol #OjolWarok','Pekerjaan Kami Lebih Mulia Daripada Ucapanmu!','Perkataanmu Mencerminkan Jati Dirimu' dan seterusnya.

"Kami ingin agar Prabowo meminta maaf kepada para pengemudi Ojol di seluruh Indonesia," tutur Koordinator Aksi Ferditama Prakoso (25) saat ditemui di tengah aksi.


Ferdi menambahkan pekerjaan Ojol ini bukanlah pekerjaan haram. Tak seharusnya mendapat kritikan dari Capres Prabowo. Mereka merasa kecewa, sebab Prabowo seperti menginjak-injak harga diri pekerjaan para Ojol.

"Prabowo sebagai capres ini kan harusnya melihat kondisi kawan-kawan yang kerja sebagai Ojol," tambahnya.

Ferdi pun menuntut Prabowo jika terpilih jadi presiden harus mampu memberikan lapangan kerja yang lebih baik. "Prabowo harus tanggungjawab dengan ucapannya," terang dia.

Demo ojol dikawal Kapolres Ponorogo/Demo ojol dikawal Kapolres Ponorogo/ Foto: Charolin Pebrianti


Menurutnya, jika Prabowo tidak segera meminta maaf kepada seluruh pengemudi Ojol, pihaknya bakal melakukan aksi yang lebih besar.

"Kami bakal koordinasi dengan pengemudi Ojol seluruh karisidenan Madiun untuk aksi yang lebih besar," tandasnya.

Sementara Kapolres Ponorogo AKBP Radiant mengaku pihaknya tidak mendapat informasi tentang aksi ini. Namun pihaknya tetap melakukan pengamanan aksi.


"Saya ingatkan kepada para peserta aksi jangan sampai ditunggangi apalagi ini tahun politik," imbuh dia.

Aksi ini pun berjalan tertib dengan pengawalan 30 personel dari polisi. Usai menyampaikan aspirasinya, massa membubarkan diri. Sembari bersalaman dengan para polisi yang bertugas menjaga aksi.

"Alhamdulillah aksi unjuk rasa dengan baik dan aman. Kita kawal dengan lancar. Mereka bisa menyampaikan aspirasi dengan baik, tidak ada aksi yang menonjol," pungkas kapolres.


Saksikan juga video 'Ojol Blitar ke Prabowo: Minta Maaf Atau Tidak Kami Pilih!':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com