DetikNews
Kamis 22 November 2018, 17:47 WIB

Sambil Berselawat, Massa Tunggu Gus Nur Jalani Pemeriksaan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Sambil Berselawat, Massa Tunggu Gus Nur Jalani Pemeriksaan Massa masih menunggu Gus Nur yang sedang menjalani pemeriksaan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Sambil membaca selawat, ratusan orang pendukung Sugi Nur Raharja atau Gus Nur menunggu pemeriksaan di depan Mapolda Jatim. Massa bersolidaritas mendampingi pemeriksaan Gus Nur yang sudah ditetapkan jadi tersangka pencemaran nama baik.

Aksi massa ini dilakukan sejak pukul 10.00 WIB. Pantauan detikcom, hingga pukul 17.00 WIB, massa masih berada di depan Mapolda sembari membawa spanduk dan bendera berlambangkan tauhid. Sementara, Gus Nur masih diperiksa sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik.

Salah satu kordinator pengawalan, Naufal, mengatakan kegiatan ini adalah spontanitas untuk solidaritas kepada Gus Nur. Massa pun tak hanya laki-laki saja, namun banyak pula perempuan yang turut atau ikut.

"Ini kegiatan spontanitas alami, kami bergerak secara mandiri," ujar Naufal kepada detikcom di depan Mapolda Jatim, Kamis (22/11/2018).


Foto: Hilda Meilisa Rinanda


Ratusan orang ini tergabung dari berbagai organisasi masyarakat di Surabaya dan dikoordinasi oleh FPI Surabaya. Naufal mengatakan Gus Nur bukanlah seorang kriminil, namun dia hanya menyampaikan kebenaran.

"Dia bukan kriminil, yang dia lakukan semata-mata hanya menyampaikan kebenaran," tambahnya.

Sejak awal, massa memang menunggu hasil dari pemeriksaan Gus Nur di Mapolda Jatim. Saat ditanya apa yang diharapkan dari pengawalan ini, pihaknya ingin Gus Nur bebas dari jeratan hukum.

"Kami ingin Gus Nur lepas dari jerat hukum itu yang diharapkan," pungkas Naufal.


Saksikan juga video 'FPI: Gus Nur Jadi Tersangka, Palu Langsung Gempa':

[Gambas:Video 20detik]


Sambil Berselawat, Massa Tunggu Gus Nur Jalani Pemeriksaan

(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed