DetikNews
Rabu 21 November 2018, 19:49 WIB

5 Tahun Terakhir Jumlah ASN di Surabaya Berkurang 10 Ribu Orang

Amir Baihaqi - detikNews
5 Tahun Terakhir Jumlah ASN di Surabaya Berkurang 10 Ribu Orang Foto: Ari Saputra
Surabaya - Jumlah aparatur sipil negeri (ASN) di Surabaya terus menurun. Hal itu disebabkan selama lima tahun terakhir pemkot sudah tidak melakukan penerimaan lagi.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan saat awal-awal menjadi walikota, jumlah ASN mencapai 23 ribu. Namun saat ini mengalami penurunan hingga tinggal 13 ribu ASN saja.

"Saya masuk (awal jadi wali kota) ada 23 ribu pegawai. Sekarang tinggal 13 ribu. 8 tahun turun 10 ribu yang pansiun," kata Risma, Rabu (21/11/2018).

Penurunan jumlah itu, lanjut Risma, tentu mempunyai konsekuensi, seperti semakin berkurangnya pegawai dan lapangan tenaga kerja. Bahkan untuk mengatasi kekurangan tenaga ASN pengajar, Risma berseloroh siap turun tangan sendiri.


"Makanya aku ngomong nanti siap ngajar. Karena satu bulan bisa 30-40 orang yang pensiun," beber Risma.

Sedangkan untuk mengatasi lapangan kerja yang semakin terbatas, Risma terus berupaya melakukan terobosan-terobosan. Salah satunya dengan terus mendorong anak-anak muda untuk terjun dalam dunia entrepeneur.

Dari pagelaran even itu, menurutnya, paling tidak akan merubah cara pikir yang dahulu mencari lapangan kerja menjadi pencipta lapangan kerja.


Untuk itu, ia menghimbau agar anak muda mengubah cara pikir. Dari yang dahulu mencari pekerjaan bisa didorong untuk berwirasausaha sendiri. Apalagi pemerintah saat ini juga sudah mulai menampung berbagai industri kreatif.

"Kalau kita punya perusahaan, kita juga bisa jadi pegawainya. Jadi bisa merangkap. Makanya saya kemarin ngotot bagaimana merubah mindset kita supaya bisa membuka usaha," tandas Risma.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed