DetikNews
Rabu 21 November 2018, 10:53 WIB

Ke Belanda, Pemprov Jatim Tawarkan 8 Proyek Potensial untuk Investasi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ke Belanda, Pemprov Jatim Tawarkan 8 Proyek Potensial untuk Investasi Foto: Istimewa
Surabaya - Perwakilan pemerintah Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Belanda untuk meningkatkan investasi di Jawa Timur. Dalam kunjungan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Soekarwo ini, rombongan menawarkan delapan proyek potensial untuk investasi.

"Saya berharap melalui kegiatan kunjungan ini investasi Belanda di Jatim akan meningkat. Demikian pula neraca perdagangan Jatim-Belanda, khususnya untuk keseimbangan ekspor-impor dua wilayah," kata Pakdhe Karwo dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (21/11/2018).

Delapan proyek tersebut di antaranya kawasan ekonomi pariwisata Singosari, kawasan ekonomi khusus Prigi, pembangunan rumah sakit di Sidoarjo, hingga pengelolaan limbah B3.


Hasilnya, awal Desember nanti, salah satu investor yang tertarik dengan proyek pengelolaan limbah B3 akan datang ke Jatim untuk meninjau dan membuat perjanjian kerjasama. Tak hanya itu, pengusaha di bidang teknologi pengolahan sabut kelapa juga akan melakukan investasi untuk pembangunan pabrik di Sidoarjo.

Untuk pengolahan kopi, telah terjadi transaksi bisnis dengan permintaan 3 ton setiap bulan ke Belanda untuk kopi Arabica. Sedangkan di bidang kesehatan, Jatim mendapatkan tawaran kerjasama pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter agar memiliki sertifikasi internasional.

Dalam kunjungan ini juga digelar pameran aneka produk unggulan UKM Jatim seperti makanan, aneka kopi khas Jatim, madu khas Jatim dan produk lainnya.


Pada kesempatan yang sama, salah satu pengusaha di bidang pengolahan limbah B3 Bobby Thiel menyambut baik kegiatan Pemprov Jatim ini.

Bagi Bobby, pihaknya bisa mengetahui informasi secara langsung mengenai perkembangan perizinan pabrik pengolahan limbah B3 yang ingin mereka dirikan di Jatim.

"Saya sangat senang ada delegasi Pemprov Jatim yang datang kesini, karena kami perlu segera mengetahui bagaimana konsep yang telah dibuat," tutur Bobby.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed