DetikNews
Selasa 20 November 2018, 12:31 WIB

Gerebeg Maulid Khas Warga Surabaya, Ada Barongsainya

Amir Baihaqi - detikNews
Gerebeg Maulid Khas Warga Surabaya, Ada Barongsainya Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Ribuan warga Kelurahan Rangka Gang Buntu, Kota Surabaya menggelar pawai Gerebeg Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan mengenakan beragam kostum tradisional, warga mengarak gunungan makanan hasil bumi.

Ketua panitia Sigit Sudarsono mengatakan, kegiatan Gerebeg Maulid Nabi ini telah menjadi agenda tahunan di kelurahan mereka. Saat ini kegiatan tersebut telah memasuki tahun ke-5. Total ada 1.100 peserta yang ambil bagian dalam kegiatan ini.

"Seluruh peserta dari 7 RT dan 3 RW lainnya," kata Sigit kepada detikcom, Selasa (20/11/2018).


Sedangkan untuk tema, Sigit mengaku temanya tetap memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad. Namun dari tema tersebut warga kemudian berinisiatif untuk menambahkannya dengan fenomena atau isu-isu yang sedang berkembang.

"Tema tetap gerebeg maulid dalam kebersamaan. Tapi kita mengedepankan rasa kebangsaan dan toleransi yang semakin hilang. Jadi keberagaman budaya itu yang kita angkat," jelasnya.

Gerebeg Maulid Khas Warga Surabaya, Ada BarongsainyaFoto: Amir Baihaqi

Penonton pawai sendiri membludak memadati jalan sehingga membuat arus lalu lintas berjalan merambat. Berbagai budaya dan kesenian ditampilkan dalam Gerebeg Maulid Nabi seperti dari Jawa, Arab, dan Madura.


Yang menarik, pawai tersebut juga menghadirkan kesenian barongsai dari perwakilan warga Tionghoa. Tampak dua barongsai dengan diiringi musik meliuk-liuk menyapa warga.

Menurut Sigit, hadirnya barongsai tersebut merupakan tanda keberagaman yang ada di masyarakat setempat. Meskipun berbeda keyakinan dan budaya tapi warga tetap toleran dan menghargai satu sama lain.

"Ya, itu, radikalisme yang sudah menjalar oleh karena itu Gerebeg Maulid Nabi di tahun ke-lima ini kita gelar dengan beragam kebudayaan dan kesenian," pungkas Sigit.

Dari pantauan detikcom, pawai berjalan dari Jalan Rangkah Yang Buntu 1, kemudian dilanjutkan ke Gang 2, Jalan Kenjeran, Tambak Segaran, Rangkah Rejo, dan kembali lagi ke Gang Rangkah. Di Jalan Kenjeran, penonton juga terpantau berdesak-desakan dan memperebutkan gunungan.




Tonton juga 'Saat Jokowi Pamer Oleh-oleh untuk Cucunya':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed