DetikNews
Senin 19 November 2018, 15:29 WIB

Pengedar Sabu Dibekuk di Tol Mojokerto, Ini Cerita Penyergapannya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Pengedar Sabu Dibekuk di Tol Mojokerto, Ini Cerita Penyergapannya Foto: tangkapan layar video
Surabaya - Polisi membekuk dua bandar sabu di Tol Mojokerto. Dari keduanya disita 2 kg sabu. Polisi perlu waktu dua hari untuk menangkap kedua tersangka. Mereka merupakan pengembangan dari kasus lain.

Kedua tersangka adalah Zulfadli M Yusuf (39), warga Benteng Babakan, Desa Benteng, Warung Doyong, Sukabumi dan Endra Subekti (37), warga Kebagusan Kecil, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Kami mengintai sejak Sabtu (17/11/2018). Kami stand by di Tol Mojokerto," ujar Kabid Pemberantasan BNNP Jatim AKBP Wisnu Chandra kepada wartawan, Senin (19/11/2018).

Wisnu mengatakan informasi ada mobil yang membawa sabu diperoleh berkat ditangkapnya AS, seorang pedagang cilok di Mojokerto. Informasi itu menyebutkan mobil tersebut melewati Tol Mojokerto.

Untuk melokalisir mobil yang melewati loket tol, BNNP Jatim meminta kepada pengelola tol agar membuka satu loket saja. Tujuannya, agar mobil yang dicurigai bisa terlihat lebih jelas dan mudah terpantau.

"Sebelum mengamankan mereka kami meminta bantuan untuk dilakukan one gate system pada pintu tol. Ketika target diinformasikan sudah dekat, kami meminta untuk memperlambat mobil yang masuk selama 20 menit," kata Wisnu.

Pada Minggu (18/11) sekitar pukul 05.30 WIB, ketika pintu Tol Mojokerto sudah mulai macet, akhirnya petugas BNN Jatim bisa meneliti satu persatu mobil dengan ciri-ciri pengemudi.


Foto: tangkapan layar video


"Saat macet kami bisa meneliti satu persatu mobil dan ciri-ciri pengemudinya," ungkap Wisnu.

Mobil yang dicari adalah Toyota Kijang Innova nopol l B 1701 TKS. Dikatakan Wisnu, setelah diocokan datanya dan ciri-ciri pengemudi, pihaknya langsung mengamankan tersangka. Tak ada perlawanan dari dua orang yang ada di dalam mobil.

Mereka segera dibekuk. Polisi yang menggelah mobil kemudian menemukan beberapa plastik berisi sabu-sabu. "Setelah kami amankan, kami geledah ada tas ransel dan tas pinggang. Setelah kami keluarkan ada sekitar 12 kantung sabu," ujar Wisnu.

Kini, kedua tersangka telah diamakan di BNNP Jatim. Keduanya masih dilakukan proses pemeriksaan. "Kami masih melakukan introgasi. Kasus ini akan kami kembangkan," tandas Wisnu.

Dari kedua tersangka, petugas BNNP Jatim mengamankan sejumlah barang bukti yakni, 2200,87 gram, 5 unit handphone, dan unit R4 kijang Inova.

Dari kejahatan tersangka, keduanya akan dijerat pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1) Jo pasal 132 , UU RI no. 35 th 2009 tentang Narkotika.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed