DetikNews
Senin 19 November 2018, 15:20 WIB

Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya Digelar Desember, Ini Total Hadiahnya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya Digelar Desember, Ini Total Hadiahnya Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gerak Jalan Perjuangan dengan rute Mojokerto-Surabaya siap digelar. Gerak jalan yang rutin digelar tahunan ini akan memperebutkan hadiah total senilai Rp 118,5 juta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim Supratomo mengatakan ajang ini dimulai, Sabtu (1/12) dari Lapangan Surodinawan, Mojokerto dan targetnya finish di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (2/12).

"Peserta menempuh jarak 56 Km, nantinya ada dua pos peristirahatan di Krian dan di Sepanjang. Jadi pos 1 dan pos 2 kita beri kesempatan ke peserta beristirahat selama 20 menit," papar kadispora saat jumpa pers di Kantor Dispora Jatim Jalan Kayoon Surabaya, Senin (19/11/2018).

Dia menjelaskan untuk di tahun ini ada yanng spesial. Yakni, ada tambahan penilaian kepada regu atau perorangan dengan pakaian terunik. Sehingga, peserta bebas berkreasi asal temanya Hari Pahlawan.

Jadi, penilaiannya tak hanya melalui kategori kerapian seragam atau barisan saja. Melainkan banyak aspek yang akan dinilai oleh 400 juri.

"Penilaian nanti akan dilakukan oleh 400 juri dari Persatuan Gerak Jalan, Galtap, GJD 45. Penilaiannya dari ketepatan waktu untuk pria 6 km/jam, sementara untuk wanita 5km/jam, kerapian barusan dan kerapian seragam. Kalau tahun lalu hanya kategori putra putri beregu, tahun ini kita menilai pakaian terunik," tambahnya.

Untuk event kali ini, pihaknya bekerjasama dengan kepolisian. Baik Polda Jatim yang akan menugaskan Polrestabes Surabaya, maupun Polres Mojokerto dan Polres Sidoarjo. Ada pula bantuan dari tim kesehatan, yakni beberapa dokter, perawat hingga ambulans yang akan stand by.

"Biasanya macet di pos 1 dan 2, kita sudah evaluasi bersama Polda Jatim akan dilakukan rekayasa agar peserta bisa nyaman. Tahun ini tol sudah operasional, saya kira ini akan sangat membantu memberikan kenyamanan kepada peserta," imbuhnya.

Sementara untuk pesertanya, Supratomo menargetkan ada 10.000 peserta yang akan bergabung. Pihaknya juga tidak akan membatasi berapapun peserta yang mendaftar. Pendaftaran ini akan dibuka 15 November dan ditutup 1 Desember.

"Untuk pendaftaran sudah online dan dibuka, di Gerak Jalan Pahlawan online, dan syarat-syarat saya kira sama seperti tahun lalu, ada fotokopi KTP, KSK, hingga surat keterangan sehat. Kami berharap peserta harus latihan dulu, supaya bisa mengikuti dari awal hingga akhir," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed