DetikNews
Minggu 18 November 2018, 18:41 WIB

Wawali Liverpool Antusias dengan CFD di Surabaya, Ini Komentarnya

Amir Baihaqi - detikNews
Wawali Liverpool Antusias dengan CFD di Surabaya, Ini Komentarnya Foto: Istimewa
Surabaya - Wakil Wali Kota Liverpool Gary Millar mengaku sangat antusias dan menikmati acara Car Free Day (CFD) di Taman Bungkul, Surabaya. Ia bersama dengan para peserta dan delegasi Startup National Summit (SNS) diajak berkeliling menaiki becak bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Ini sesuatu yang luar biasa. Di negara saya, CFD biasanya dilakukan setahun sekali. Namun di sin, CFD dilaksanakan tiap akhir pekan," kata Gary, Minggu (18/11/2018).

Dalam acara tersebut, total sebanyak 55 becak hias mengangkut para peserta dan delegasi Startup National Summit (SNS). Mereka diajak berkeliling dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) sampai Taman Bungkul Jalan Darmo menikmati Car Free Day (CFD).

Wakil Wali Kota Liverpool Gary Millar tampak terdepan dalam rombongan tamu didampingi Risma. Beberapa kali, Risma menyapa dan mengenalkan kepada masyarakat bahwa yang di sampingnya adalah wakil wali kota Liverpool, Inggris.


"Ini pak Gary Millar, Wakil Wali Kota Liverpool, ayo beri salam sama beliau," ujar Risma kepada para warga Surabaya di Jalan Darmo.

Mendengar ucapan itu, langsung saja beberapa warga langsung menghampiri Gary. Mereka berebut foto selfie dengan Gary yang sedang asyik di atas becaknya.

"Ayo foto bareng-bareng, tapi gantian ya, jangan rebutan," kata Risma.

Selain Gary, beberapa delegasi dari Brazil dan Turki juga mengungkapkan kekagumannya CFD di Surabaya. Seperti Paulo salah satu peserta asal Brazil mengatakan, bahwa CFD di Surabaya sangat berbeda di negara lainya. Ia juga menyebut bahwa kegiatan itu bermanfaat untuk kesehatan.


"Saya pikir semua orang (di negaranya) nanti harus melakukan sesuatu yang berbeda," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh salah satu peserta asal Turki. Ia mengaku bahwa dulu di negaranya juga ada kegiatan CFD sekitar tahun 1990 an. Namun, saat ini, sayangnya kebijakan tersebut sudah dihapuskan.

"Ini pertama kali pengalaman saya ke Indonesia, terus bisa ikutan acara CFD. Buat saya itu sangat menyenangkan," ungkapnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed