DetikNews
Minggu 18 November 2018, 10:09 WIB

Startup Nation Summit Rampung, Delegasi Diajak Susuri Kalimas

Amir Baihaqi - detikNews
Startup Nation Summit Rampung, Delegasi Diajak Susuri Kalimas Foto: Istimewa
Surabaya - Startup Nation Summit (SNS) resmi ditutup. Acara yang berlangsung selama dua hari itu ditutup oleh Presiden Global Entrepeneurship Network (GEN) Jonathan Ortman.

Usai penutupan acara, beberapa perwakilan delegasi dari negara peserta langsung diajak menuju Kalimas. Mereka diajak menyusuri Kalimas dengan perahu menikmati suasana malam di sungai yang membelah Surabaya itu.

Kepala Dinas Pariwisata Antiek Sugiharti mengatakan Pemkot Surabaya telah mempersiapkan fasilitas mulai pelampung hingga kondisi perahu agar delegasi aman dan nyaman saat menyusuri sungai kalimas.

"Ada 29 perahu dan 200 pelampung yang disediakan Pemkot Surabaya untuk mengangkut delegasi," kata Antiek, Sabtu malam (17/11/2018).


Acara tersebut rupanya sangat dinikmati delegasi. Mereka tak sungkan menyatakan kekaguman pada sungai Kalimas yang bersih dan penuh dengan hiasan lampu warna-warni.

Dalam kesempatan itu, Jonathan Ortaman langsung memberikan pujiannya. Maklum, acara menyusuri sungai Kalimas itu merupakan pengalaman pertamanya.

"Sangat terkesan apalagi melihat lampu-lampu lampion di atas sungai yang sangat cantik," ungkap Jonatahan.

Hal senada juga disampaikan delegasi asal India Yhatin Thakur. Baginya, sungai Kalimas sangat bersih. Ia pun berjanji akan ceritakan pengalaman itu ke anak-anak serta -temannya sepulang dari Surabaya.


"Pemandangan yang sangat yang cantik dan romantis. Kuabadikan momen ini untuk aku ceritakan buat anak serta teman-temanku," ujarnya.

Puas menyusuri sungai Kalimas, delegasi disuguhkan makan malam di jembatan gantung siola lantai 3. Usai makan, tampak beberapa delegasi menyerbu stan pelaku UKM di lantai 1 Siola.

Delegasi asal Australia George Makris terlihat memborong beberapa produk milik UKM. Alasannya, Dirinya penasaran dengan berbagai macam produk yang dijual.

"Saya beli krupuk, brownies cookies, sambal dalam kemasan yang cantik serta batik," ujar George.

Sedangkan untuk agenda selanjutnya, para delegasi rencananya akan dimanjakan dengan acara "Mlaku-mlaku nang Tunjungan". Dalam acara tersebut nantinya delegasi akan melihat kemeriahan pertunjukan mulai dari fashion, kuliner dan beberapa penghargaan dari Pemkot Surabaya.

Beberapa komika seperti Arafah Rianti dan Ernest Prakasa bakal meramaikan "Mlaku-mlaku nang Tunjungan" yang rencananya akan dimulai pukul 06.00 sampai 21.00 WIB.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed