DetikNews
Jumat 16 November 2018, 18:25 WIB

Minimalisir Longsor di Trenggalek, Warga Tutup Retakan Tanah

Adhar Muttaqin - detikNews
Minimalisir Longsor di Trenggalek, Warga Tutup Retakan Tanah Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Sejumlah tim gabungan melakukan upaya penutupan retakan tanah di perbukitan Karangsoko Trenggalek. Upaya ini dilakukan guna meminimalisir potensi longsor berskala besar.

Bhabinkamtibmas (BKTM) Desa Karangsoko, Kecamatan Trenggalek, Bripka Devit Dwi mengatakan tim gabungan terdiri dari warga, polisi, TNI, BPBD dan Perhutani menutup titik retakan sepanjang 100 meter di petak 114 Bukit Karangsuko RT 4 Dusun Sukorejo, Desa Karangsoko. Penutupan dilakukan dengan diuruk menggunakan tanah di sekitarnya.

"Lebar retakan ada yang sampai 50 cm. Pengurukan ini tujuannya agar ketua terjadi hujan, air yang turun itu tidak masuk ke dalam retakan, karena kalau sampai masuk bisa memicu longsor," kata Devit, Jumat (16/11/2018).


Selain menguruk titik longsor, tim gabungan juga membuat parit di sekitar lokasi retakan. Ini dilakukan untuk mengalihkan aliran air dari atas perbukitan agar tidak memperparah kondisi tanah yang mulai labil.

Devit menambahkan, titik retakan tanah di perbukitan Karangsoko membutuhkan penanganan segera, mengingat beberapa titik mulai ambles. Bila dibiarkan, kondisi tersebut dikhawatirkan akan membahayakan perkampungan yang ada di bawahnya.

"Karena posisi bukit yang retak itu berada di atas perkampungan dengan jarak sekitar 200 meter, kalau sampai longsor bisa bahaya, " ujarnya.

Bintara Polres Trenggalek ini menambahkan pihaknya juga mulai melakukan sosialisasi ke puluhan kepala keluarga (KK) yang ada di daerah rawan longsor. Pihaknya mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan terutama pada saat hujan lebat.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed