DetikNews
Jumat 16 November 2018, 17:37 WIB

Viral, Pelajar SMA Tulis Surat ke Polisi Setelah Lulus Ujian SIM

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Viral, Pelajar SMA Tulis Surat ke Polisi Setelah Lulus Ujian SIM Foto: Tangkapan layar
Gresik - Seorang pelajar SMA asal Gresik akhirnya lulus ujian SIM C. Saking senangnya, ia menulis surat berisi ucapan terima kasih kepada polisi. Surat itu viral di media sosial (medsos).

Pelajar itu adalah Wisely Michello Putra Sutikno (18), warga Balikpapan I, Gresik Kota Baru (GKB). Ia akhirnya mendapatkan SIM setelah lulus ujian tulis dan praktik di Satpas Polres Gresik di Randuagung, Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro mengaku terkejut dengan curhatan pelajar yang viral di medsos usai dinyatakan lulus ujian SIM C.

"Kami ucapakan terima kasih. Bahwa yang dinyatakan lulus itu memang benar-benar layak, serta memiliki keterampilan. Itu semua didapatkan dengan tidak mudah. Karena kami mengutamakan keselamatan para pengendara, itu salah satu menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Wahyu saat dihubungi detikcom, Jumat (16/11/2018).

Sementara itu Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Gresik Ipda Darwoyo juga tak menyangka surat yang diberikan Wisely bisa viral di medsos. "Saya tidak menyangka, jika anak itu memberikan surat kepada kami. Ini patut diapresiasi dan dicontoh untuk yang lain agar semangat dan serius dalam mengikuti ujian SIM," kata Darwoyo.

Darwoyo mengatakan Wisely bisa lulus karena telah mengikuti coaching clinic yang disediakan Satpas. Coaching clinic adalah kegiatan bagi pemohon SIM yang hendak mengikuti ujian praktik. Dengan coaching clinic, pemohon SIM bisa berlatih agar peluang lulus mengikuti ujian praktik SIM semakin besar.


"Dari penuturan para anggota, Wisely ini benar-benar memanfaatkan coaching clinic di Satpas secara rutin bersama kawan-kawannya, setiap hari Sabtu. Oleh karena itu dia jadi terbiasa saat ujian praktik," kata Darwoyo.

Saat itu, tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2018, Wisely ikut ujian SIM C di Satpas Polres Gresik. Ia pun dinyatakan lulus ujian teori dan praktik.

"Saat itu, Wisely dinyatakan lulus ujian teori dan praktik. Sedangkan nilai praktiknya memang sempurna. Dengan hasil ini bisa diperlihatkan kepada semua masyarakat bahwa ternyata tidak ada yang tidak mungkin jika mau belajar dan tidak ada yang instan," ungkap Darwoyo.


Darwoyo menjelaskan ada tiga tempat coaching clinic yang telah dibangun oleh Polres Gresik. Yakni di Satpas Randuagung, Polsek Ujung Pangkah, dan Polsek Driyorejo. Coaching clinic ini untuk memfasilitasi para pemohon SIM.

"Itu sudah progam dari pimpinan kita. Semuanya agar para pemohon bisa belajar terlebih dahulu. Sebelum benar-benar mengikuti ujian," tandas Darwoyo.

Berikut adalah isi surat Wisely yang diberikan ke polisi usai ia dinyatakan lulus tes praktik SIM C di Satpas Polrestabes Gresik.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah. Terima Kasih untuk semua pihak kepolisian. Terima kasih Pak. Anda adalah pengayom masyarakat. Terima kasih Pak anda semua telah memberikan kami semua ujian-ujian/tes SIM.

Sehingga kami bisa dikatakan layak sebagai pengendara yang tertib dan patuh terhadap lalu lintas. Kami bersyukur apabila pihak kepolisian memberikan ujian-ujian seperti ini.

Saya rasa adalah tujuan untuk meminimalisir kecelakaan, dan hal tersebut sama saja menyelamatkan nyawa kami semua.

Terima kasih pak polisi telah memberikan kami pelatihan gratis setiap sore. Sehingga kami bisa lulus ujian ini dan layak menjadi pengendara.

Insya Allah kami akan menjadi pengendara patuh dan taat lalu lintas serta menjadi pelopor keselamatan.

Semoga Allah membalas semua kebaikan terutama bapak Jailani yang selalu berdinas setiap hari menguji kami tiap sore tanpa lelah. Dan terima kasih kepada rekan-rekan yang ada, bertugas didalam kantor. Semoga Allah memberimu keselamatan untuk rekan-rekan kepolisian yaitu keselamatan dunia dan akhirat. Amiiin...

Wassalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama Pemberi
Wisely Michleo.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed