DetikNews
Jumat 16 November 2018, 09:17 WIB

Karutan Trenggalek Instruksikan Tembak Drone Terbang di Atas Rutan

Adhar Muttaqin - detikNews
Karutan Trenggalek Instruksikan Tembak Drone Terbang di Atas Rutan Rutan Kelas II B Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Kepala Rutan Kelas II B Trenggalek menginstruksikan pegawainya menembak langsung pesawat tanpa awak (drone) yang diterbangkan di atas area rutan. Hal itu dilakukan, lantaran rawan digunakan untuk menyelundupkan narkoba.

"Karena teknologi drone itu sudah canggih, bisa dikendalikan jarak jauh, bisa bermanuver dan ada kameranya. Ketika itu disalahgunaan untuk mengirim narkoba ke dalam rutan, kan bahaya," kata Karutan Trenggalek, Dadang Sudrajat saat ditemui di kantornya Jalan Supriyadi, Jumat (16/11/2018).

Menurutnya, potensi penyalahgunaan pesawat tanpa awak tersebut saat ini semakin tinggi. Sebab, banyak dijual bebas di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Sedangkan pengendali operasi atau pilot drone bisa dilakukan oleh semua orang.

"Di beberapa negara sudah pernah ada kejadian penyelundupan narkoba menggunakan drone. Kami tidak ingin Trenggalek seperti itu. Kenapa kami perlu berikan peringatan ini, karena beberapa kali ada drone yang terbang di atas rutan," imbuhnya.

Dia menjelaskan, rutan maupun lembaga pemasyarakatan (LP) lain merupakan area khusus yang tidak bisa sembarangan diakses oleh semua orang. Bahkan memasuki area rutan harus mendapatkan pengawasan ekstra sesuai dengan prosedur, termasuk penggeledahan badan dan barang bawaan.

"Sekarang ini upaya penyelundupan narkoba ke dalam penjara itu bermacam-macam. Bahkan belum lama ini kami menggagalkan upaya penyelundupan 5.000 butir pil koplo yang dilempar dari luar rutan," imbuhnya.

Orang nomor satu di Rutan Trenggalek ini mengimbau masyarakat dan para pemilik drone untuk tidak menerbangkan pesawat tanpa awaknya di atas area rutan. Termasuk melakukan perekaman video maupun foto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed