DetikNews
Jumat 16 November 2018, 08:42 WIB

InnoCreativation

CEO dan Pendiri BukaLapak: Jangan Cuma Mikir Cari Investor

Amir Baihaqi - detikNews
CEO dan Pendiri BukaLapak: Jangan Cuma Mikir Cari Investor Foto: Ari Saputra
Surabaya - CEO dan Founder BukaLapak Achmad Zaky mengaku heran dengan entrepreneur masa kini yang hanya memikirkan bagaimana caranya mencari investor. Akibatnya start up yang mereka rintis menjadi tak berkembang.

Zacky bahkan menyebut itu sebuah kesalahan besar bagi seseorang yang ingin menjadi entrepreneur.

"Jangan cuma mikirin bagaimana mencari investor. Tapi mikirin saja bagaimana bisnis ini. Apakah punya manfaat bagi orang atau ada tidak usernya. Karena investor itu mencari peluang bisnis yang sedang berkembang," tegas Zaky saat berbicara di InnoCreativation, Rabu (14/11/2018).


Ia lantas menceritakan perjalanannya di awal mendirikan BukaLapak. Menurutnya, sejak BukaLapak pertama kali berdiri, ia tak pernah sekalipun mendatangi investor.

"Pasti investor yang akan datang ke kita. Dimana ada gula pasti ada semut," beber Zaky yang disambut tepuk tangan dari peserta InnoCreativation.

Ditambahkan Zaky, semua entrepeneur yang sukses hari ini juga dipastikan pernah mengalami kegagalan karena sebenarnya hal itu merupakan suatu kebaikan bagi entrepreneur itu sendiri. Kebalikannya, kesuksesan seringkali justru membuat seseorang menjadi terlena.


Bahkan Zaky mengaku ingin selalu gagal saja. Sebab dengan kegagalan dan kekurangan, ia bisa mengetahui kelemahan atau kekurangan yang dimilikinya lalu menjadi pelajaran yang bisa diingat agar tidak terjerumus dalam kegagalan lagi.

"Untuk itu saya berusaha untuk terus mencari tantangan dan melihat sesuatu dari sudut pandang kekurangan. Saya percaya saat sedang mengalami hal yang tidak baik sebenarnya Tuhan sedang memberi kita hal yang baik," tutup Zaky.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed