DetikNews
Kamis 15 November 2018, 16:54 WIB

Balai Besar Sungai Bengawan Solo Data Titik Longsor di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Balai Besar Sungai Bengawan Solo Data Titik Longsor di Lamongan Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Dalam sebulan, bantaran Sungai Bengawan Solo yang melintas di wilayah Lamongan terdeteksi 4 titik yang mengalami longsor.

Data dari BPBD Lamongan menyebutkan, empat titik longsor ada di Kecamatan Laren 2 titik, Kecamatan Karanggeneng 1 titik dan Kecamatan Kalitengah 1 titik.

"Dari empat titik ini memang ada rumah warga yang terpaksa direlokasi karena menjadi korban longsor. Dan yang terparah adalah Desa Keduyung, Kecamatan Laren," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin kepada wartawan di sela meninjau lokasi longsor bantaran Bengawan Solo di Dusun Gendong, Desa/Kecamatan Laren, Kamis (15/11/2018).

Muslimin mengaku warga diminta tetap waspada selama musim hujan. Bantaran sungai Bengawan Solo, kata Muslimin, tetap menjadi perhatian petugas dari berbagai instansi seperti BPBD, TNI, Polri dan petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

"Kami sudah dan akan terus berkoordinasi dengan BBWS Bengawan Solo untuk masalah ini," ujarnya.

Sementara petugas staf teknik BBWS Bengawan Solo yang melihat lokasi longsor di Kecamatan Laren, Suyanto mengatakan pihaknya masih mengumpulkan data baik dari lokasi tanah yang longsor maupun dari desa dimana longsor terjadi.

"Setelah ini, akan kami laporkan langsung ke BBWS yang berada di Solo," kata Suyanto.

Rencananya, jelas Suyanto, setelah ada pendataan, BBWS dari Solo akan mendatangi lokasi untuk melakukan perbaikan terhadap bantaran sungai yang longsor. "Kami hanya menanggani persoalan longsor yang terjadi ini," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed