DetikNews
Kamis 15 November 2018, 16:32 WIB

Tumbuhan Luar Negeri Dimusnahkan Balai Pertanian di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Tumbuhan Luar Negeri Dimusnahkan Balai Pertanian di Banyuwangi Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya Wilayah Kerja Banyuwangi memusnahkan 44 item barang asal luar negeri. Pembakaran dilakukan setelah pihak pengirim maupun pemesan barang tidak melengkapi dokumen yang ditentukan.

Pemusnahan Media Pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina dilangsungkan di halaman BBKP Wilayah Kerja Banyuwangi di Ketapang, Kamis (15/11/2018). Sejumlah pejabat Kantor Pos dari eks Karisidenan Besuki mengikuti jalannya pemusnahan bersama aparat dari Polsek Kalipuro serta instansi lain.

"Barang dari luar negeri yang masuk melalui Kantor Pos harus dilengkapi dokumen karantina, phytosanitary certifikate (PC) . Apabila tidak ada maka pemesan kita suruh untuk melengkapi dokumen. Andai sampai batas waktu yang ditentukan tidak juga dipenuhi maka barang kita tolak. Masa penolakan berlaku 14 hari," terang Slamet Ibnu, petugas BBKP Wilayah Kerja Banyuwangi di Ketapang kepada detikcom.

Barang yang dimusnahkan meliputi benih tanaman, biji koro, asparagus dan daun kering. Produk itu dikirim dalam bentuk kemasan maupun karton dari Thailand, Malaysia, China serta Singapura. Ini hasil pengamanan sejak 18 Januari-28 Agustus 2018.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, Latifatul Aini mengatakan dari 44 item barang yang dimusnahkan, 40 diantaranya hasil pengamanan yang dilakukan Kantor Pos. Tidak hanya Banyuwangi, Kantor Pos Jember, Situbondo, plus Bondowoso turut mengungkap.

Latifatul menambahkan, tidak ada larangan melintaskan barang maupun hewan. Asal memenuhi tiga syarat. Tidak berasal dari daerah non larangan, hewan serta barangnya sehat dan dilaporkan pada petugas BBKP.

"Disamping ada dokumen PC dari negara asal juga harus mengantongi dokumen dari Kementerian Pertanian," tukas Latifatul Aini.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed