DetikNews
Kamis 15 November 2018, 12:34 WIB

Mendagri Dorong Peran Camat di Indonesia Dioptimalkan Lagi

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Mendagri Dorong Peran Camat di Indonesia Dioptimalkan Lagi Foto: Deni Prastyo Utomo
Surabaya - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendorong peran para camat di seluruh Indonesia agar lebih dioptimalkan lagi. Mengapa demikian?

"Camat harus dioptimalkan dan diberdayakan. Kalau tidak lama-lama camat ini lama-lama antara ada dan tiada," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Camat di Hotel Shangrila, Kota Surabaya, Kamis (15/11/2018).

Tjahjo menjelaskan, sesuai PP nomor 17 tahun 2018 tentang kecamatan, camat memiliki tugas yang strategis dalam membangun wilayahnya yang berada di bawah bupati dan walikota.


"Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, bupati walikota melimpahkan sebagian kewenangan kepada camat berdasarkan pemetaan pelayanan publik sesuai dengan karakteristik kecamatan dan kebutuhan masyarakat," paparnya.

Namun saat mengembangkan wilayahnya masing-masing, camat tidak bisa berjalan sendirian. Mereka wajib menggandeng jajaran polisi dan TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

"Saya ingin mengingatkan bahwa seorang camat itu tidak berdiri sendiri di kecamatan. Itu harus diingat ada yang namanya Kapolsek dan Danramil. Tolong dikomunikasikan dalam mengambil keputusan pembangunan di wilayah kecamatan," ungkap Tjahjo.


Di sisi lain, Tjahjo juga mengingatkan agar para camat mewaspadai ormas-ormas yang tidak dilandasi oleh Pancasila.

"Tolong diawasi, beberapa ormas yang ada di kecamatan, bergerak di bidang apa, siapa pengurusnya dan kegiatannya apa, anggaran dasarnya anti Pancasila atau bukan," pesan Tjahjo.

Dalam rapat koordinasi nasional ini diikuti oleh 600 camat dari regional III, meliputi Jawa Tengah, Jatim, Bali, NTB dan Kalimantan.


Saksikan juga video '4 Tahun Jokowi-JK, Mendagri: Berhasil Bangun Daerah Perbatasan':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed