DetikNews
Rabu 14 November 2018, 18:30 WIB

Tuntutan Korban Baliho Roboh di Madiun Dipenuhi Caleg PSI

Sugeng Harianto - detikNews
Tuntutan Korban Baliho Roboh di Madiun Dipenuhi Caleg PSI Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Tiga korban luka dampak robohnya baliho caleg DPR RI Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kota Madiun, akhirnya bernafas lega. Andro Rohmana Putra, akhirnya legowo memenuhi permintaan korban untuk mendapat perawatan dokter spesialis di RSUD Dr Soedono milik pemerintah.

"Baik, untuk penanganan kasus korban yang kena roboh baliho, kita sudah setujui untuk dilakukan perawatan ke dokter spesialis RSUD Dr Soedono milik Provinsi Jatim," terang Andro saat bertemu keluarga korban, Suparlan di Waroeng Cemilan Jalan Serayu Kota Madiun Rabu (14/11/2018) sore.

Andro mengatakan kesepakatan kedua belah pihak juga ditandai surat pernyataan bermaterai. Dalam surat pernyataan itu pihak pertama Andro bersedia memberikan jaminan perawatan terhadap ketiga korban.


"Surat pernyataan bermaterai sudah kita buat bersama pihak kedua keluarga korban, alhamdulilah sudah ada titik mufakat. Setelah bertemu dan membesuk keluarga korban kemarin sore, kami akan memberi santunan dan menanggung biaya perawatan korban terutama perawatan Ima hingga sembuh. Dan hari ini saya membantu Ima untuk ke rumah sakit lagi untuk proses pemeriksaan luka lebih lanjut," tambahnya.

Andro mengaku sebagai bentuk kepedulian atas musibah yang menimpa keluarga korban pihaknya sengaja menjadwalkan pemeriksaan korban hari ini. Meski sebelumnya caleg asal Kota Madiun itu menginginkan agar korban dilakukan perawatan di RSUD Sogaten, dengan alasan bisa dilakukan pembayaran setiap bulan.

Surat perjanjian caleg PSI dan korban baliho roboh/Surat perjanjian caleg PSI dan korban/Foto: Sugeng Harianto

Sementara Suparlan menyatakan bersyukur atas sikap caleg dapil 8 tersebut. Suparlan juga mengetahui Andro turun tangan ikut membantu musibah keluarganya.


"Dalam kejadian ini saya juga merasa bersalah karena keluarga saya mengajak anak-anak beli buah dalam kondisi gerimis. Atas peristiwa ini kita ambil hikmahnya untuk menambah paseduluran (persaudaraan) dengan caleg DPR RI yang peduli seperti mas Andro. Sekaligus saya minta maaf ke mas Andro, sempat terbawa emosi waktu di wawancara wartawan ada statemen yang mungkin kurang pantas," tutur Suparlan.

Mediasi yang dilakukan caleg yang meliputi wilayah Madiun, Nganjuk, Jombang dan Mojokerto, disaksikan lurah setempat.

Alat Peraga Kampanye (APK) baliho berukuran 2x3 meter roboh saat hujan dan menimpa pengendara motor, Minggu (11/11) sore. Pengendara motor terdiri dari 4 orang. Korban luka yakni, pengendara Ahmad Zainudin (23), serta ibunya Jumiatun (60).


Satu dari cucu Jumiatun Ima (7) ikut terluka, sedangkan cucu satunya Rasid (1) tidak mengalami luka. Mereka yang luka langsung dibawa IGD RSUD dr Soedono Madiun. Diduga baliho yang dipasang di Jalan Pelita Tama itu ambruk karena konstruksi kurang kuat.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed