DetikNews
Rabu 14 November 2018, 18:19 WIB

InnoCreativation

Kata Pandji, Begini Prospek Profesi Komedian di Masa Depan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kata Pandji, Begini Prospek Profesi Komedian di Masa Depan Foto: detikcom
Surabaya - Dulunya kurang begitu dihargai, profesi komedian ternyata cukup menjanjikan untuk masa depan.

Hal ini diungkapkan komedian Pandji Pragiwaksono saat menjawab pertanyaan Wali Kota Tri Rismaharini yang didapuk sebagai moderator dalam ajang InnoCreativation hari pertama.

"Apakah kalian bisa prediksikan stay di profesi ini bisa untuk masa depan saya dan menjamin profesi saya," tanya Risma kepada Pandji di Grand City Convex Surabaya, Rabu (14/11/2018).


Pandji pun menjawab pertanyaan Risma dengan mantap. Menurutnya, profesi komedian memiliki cakupan yang luas. Bahkan tak harus berkarya di televisi saja, namun komedian juga bisa membuat karya lain.

"Saya rasa bisa, karena komedi cakupannya luas. Bisa bikin buku, panggung, film, YouTube, ada banyak sekali. Dan saya cukup yakin sebenarnya yang menentukan bisa atau tidak adalah kesetiaan kita untuk mau tetap kerja dan belajar," ujar Pandji diiringi tepuk tangan dari ribuan peserta.

Dewasa ini, lanjut Pandji, siapapun bisa belajar menjadi komedian. Media belajarnya pun beragam seperti dari buku-buku dan tutorial di YouTube.

"Menariknya zaman sekarang senior seperti Ernest dan Raditya Dika pada bikin kelas menulis. Dika masih aktif bikin konten YouTube yang bisa diakses gratis tentang teknik stand up," terang Pandji.


Pandji pun mengaku hingga kini masih sering belajar dari video-video YouTube milik Dika tersebut.

"Saya meski sudah banyak bikin pertunjukan, tapi saya sering nontonin videonya Raditya Dika dan semua orang bisa belajar," pungkasnya.


Tonton video: Gaya Lucu Risma Jadi Moderator ''Comedy Makes Money''
[Gambas:Video 20detik]
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed