DetikNews
Rabu 14 November 2018, 17:23 WIB

Tentang Selvia, Gadis Lamongan Berbobot 179 Kg yang Mulai Membuka Diri

Eko Sudjarwo - detikNews
Tentang Selvia, Gadis Lamongan Berbobot 179 Kg yang Mulai Membuka Diri Foto: Eko Sudjarwo/File
Lamongan - Selvia Dwi Susanti, gadis asal Lamongan berbobot 179 kg kini sudah bisa tersenyum. Ia juga tak malu-malu lagi saat berhadapan dengan orang asing.

Saat pertama kali kisahnya mengemuka sekitar sebulan lalu, remaja berusia 15 tahun ini justru menangis karena malu dan minder di hadapan awak media. Selain karena tidak kenal, Selvia memang cenderung untuk diam dan menutup diri di hadapan orang asing.

"Tugas kami juga berupaya untuk mengembalikan kondisi psikis mbak Selvia, selain untuk konsentrasi menurunkan berat badan," aku salah satu tim dokter dari Puskesmas Bluluk, dr Fauziah saat berbincang dengan detikcom, Rabu (14/11/2018).


Kondisi berbeda ketika awak media berjumpa dengan Selvia beberapa waktu kemudian. Selvia mulai berani menjawab beberapa pertanyaan dari mereka, meski hanya berupa jawaban singkat seperti ya dan tidak atau sekedar anggukan kepala.

"Ya, senang," kata Selvia ketika ditanya wartawan tentang berat badannya yang sudah turun 3 kg kala itu.

Senyum juga sudah mulai mengembang dari wajah Selvia ketika menerima kunjungan dari Kpala Dinas Pendidikan Lamongan dan Ketua DPRD Lamongan beberapa waktu lalu. Gadis yang biasanya hanya duduk di depan TV ini pun mau berdiri mengantarkan orang-orang yang mengunjunginya saat pulang. Sesekali ia juga tersenyum ketika bercanda bersama mereka.

"Iya, mau," jawab Selvia ketika ditanya apakah mau dibawa ke rumah sakit untuk melakukan general check up.


Dengan pernyataan singkat itu, Selvia ingin menunjukkan tekadnya untuk menurunkan berat badan. Tak hanya berkenan diajak general check up, Selvia juga sudah mau keluar rumah mengikuti saran tim medis untuk berolahraga ringan secara rutin.

"Sudah mau jalan-jalan rutin tiap pagi. Kalau untuk makan buah, masih agak dipaksa agar mau," ujar Misri, ibu Selvia.

Sejak mengalami obesitas, Selvia memang enggan keluar rumah karena malu. Bahkan ia memutuskan berhenti sekolah di kelas 4 MI karena kondisinya tersebut. Namun perlahan tapi pasti, Selvia pun mulai mau membuka diri.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed