DetikNews
Rabu 14 November 2018, 11:10 WIB

Ditinggikan 1 Meter, PT KAI Klaim Jalur Kereta Api di Porong Aman

Suparno - detikNews
Ditinggikan 1 Meter, PT KAI Klaim Jalur Kereta Api di Porong Aman Jalur rel KA di Porong/Foto: Suparno
Sidoarjo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 meninggikan jalur rel Porong 1 meter. Tepatnya di sisi barat tanggul penahan lumpur Sidoarjo. Ini dilakukan agar jalur kereta tidak lagi tergenang banjir saat musim hujan.

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengatakan jalur rel kereta api yang ditinggikan berada di Km 32.200 - 33.400.

"Sepanjang kurang lebih 1,2 Km jalur rel kereta api di sisi barat tanggul penahan lumpur, relatif aman," kata Gatut kepada detikcom saat dihubungi, Rabu (14/11/2018).

Menurut Gatut, jalur yang ditinggikan 1 meter ini akan diperiksa 24 jam. Selain dilakukan peninggian di sisi kanan dan kiri, di jalur rel juga dipasang gronjong dengan material batu-batu untuk menahan rel tersebut.


"Agar rel tidak mudah bergeser, dipasang gronjong, meskipun begitu setiap kereta yang melintas di jalur tersebut kecepatan dikurangi," ujar Gatut.

Meski begitu, Gatut mengakui sepanjang jalur rel di sekitar tanggul penahan lumpur masih ada penurunan tanah. Namun pihaknya menjamin bahwa jalur rel tersebut masih aman. Karena penurunan tersebut menurut Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) tidak terlalu membahayakan jalur rel.

"Memang ada penurunan tanah di sekitaran tanggul, namun penurunan tersebut tidak terlalu membahayakan rel," terang Gatut.

Dia menjelaskan, untuk mengetahui kondisi rel di dekat tanggul penahan lumpur, pihaknya setiap hari memeriksa jalan (PJ) untuk mengontrol setiap jamnya. Selain itu juga dilakukan perbaikan-perbaikan di jalur tersebut.

"Jalur rel kereta antara Stasiun Tanggulangin ke Stasiun Porong, setiap harinya ada beberapa petugas perbaikan rel yang selalu melakukan perbaikan," jelasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed