DetikNews
Jumat 09 November 2018, 10:36 WIB

Truk Tertimpa Longsor di Jalur Trenggalek Ponorogo Dievakuasi

Adhar Muttaqin - detikNews
Truk Tertimpa Longsor di Jalur Trenggalek Ponorogo Dievakuasi Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Satu unit truk tertimpa longsor di KM 16 ruas Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo berhasil dievakuasi. Truk bernopol AG 8231 UI itu kejatuhan batu besar dan terjebak di lokasi kejadian selama lebih dari 11 jam.

Dua unit alat berat diterjunkan ke lokasi kejadian di Desa Nglinggis, Kacamatan Tugu, Trenggalek, untuk menyingkirkan material longsor berupa batu yang ada di sekitar kendaraan serta jalan raya. Akses jalur juga kembali dibuka dari dua arah.

Proses evakuasi truk yang dikemudikan Satria (27) warga Dusun Bendil Putih, Desa Tumpang, Kecamatan Talun, Blitar, sempat menemukan kendala. Kepala truk yang kondisinya ringsek mengakibatkan kendaraan tidak bisa dikendalikan melalui kemudi. Bahkan kendaraan sempat berjalan sendiri dan nyaris menabrak tebing.

Selain itu kondisi tebing yang masih labil juga sempat menganggu proses evakuasi dan pembersihan. Batu berukuran besar tiba-tiba jatuh dari tebing setinggi 50 meter. Sejumlah petugas dan warga yang ada di sekitar lokasi kejadian langsung semburat menyelamatkan diri.

"Alhamdulillah dengan kerjasama seluruh tim, akhirnya kendaraan sudah bisa dievakuasi, sedangkan untuk jalur Trenggalek-Ponorogo saat ini sudah kembali dibuka untuk semua jenis kendaraan sejak pukul 08.45 WIB," kata Kapolsek Tugu, Iptu Bambang Purwanto, Jumat (9/11/2018).


Pembukaan jalur dilakukan dengan sistem buka tutup dan bergantian dari kedua arah. Rencananya jalur utama antar kabupaten tersebut akan kembali ditutup pada pukul 17.30 WIB.

"Jadi untuk nanti malam jalur akan ditutup total sampai besok pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Kami imbau untuk pengguna jalan yang hendak melewati jalur ini untuk beralih melalui jalur lain," ujarnya.

Sementara itu terkait kondisi dua korban pengemudi truk Satria (27) dan kernet Didik saat ini menjadi perawatan di RSUD Trenggalek. Pengemudi mengalami patah tulang iga serta retak pada tulang kaki.

"Dia sudah sadar, akan tetapi ini nanti akan dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang," ujar Bambang.

Longsor susulan terjadi di jalur Trenggalek-Ponorogo, Kamis (8/11) malam menimpa satu unit truk pengangkut telur asal Blitar. Kendaraan tidak bisa melaju karena terganjal batu berukuran besar. Saat bersamaan terjadi reruntuhan batu sehingga mengenai pengemudi serta kernetnya.

Truk yang dikemudikan Satria dan keneknya Didik hendak melintas dari arah Trenggalek menuju Ponorogo. Namun nahas, truk tersebut justru tertimpa material longsor yang mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

"Pada saat kejadian itu ada tiga truk yang beriringan, pada saat truk ketiga ini berada di lokasi ada batu jatuh dan menyebabkan ban terganjal. Kemudian disusul reruntuhan batu, bagian depan truk hancur," tambah kapolsek.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed