DetikNews
Jumat 09 November 2018, 10:05 WIB

Begini Modus Pelajar di Magetan Lolos dari Operasi Zebra

Sugeng Harianto - detikNews
Begini Modus Pelajar di Magetan Lolos dari Operasi Zebra Pelajar ini memilih parkir agak jauh hindari operasi zebra/Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Polisi di Indonesia menggelar Operasi Zebra 2018. Meski digelar serentak, namun pengguna jalan juga memiliki berbagai macam trik menghindari operasi tersebut.

Salah satunya yang dilakukan pelajar SMPN 1 Barat di Magetan. Saat mengetahui operasi zebra digelar di depan kantor Dinas Pengairan Kecamatan Barat, pelajar di bawah umur ini langsung memutar motornya dan mencari jalan tikus atau jalan kampung.

Mereka mencari tempat parkir yang aman dari operasi tersebut meski jarak dengan sekolahnya lumayan jauh. Ada juga yang menemukan jalan tikus hingga menemukan tempat parkir yang lokasinya berdekatan dengan sekolahnya.

"Hore aman dari tilang," kata salah satu pelajar SLTP 1 Barat Magetan usai memarkir motornya di depan sekolah, Jumat (9/11/2018).

Irvan, salah satu pelajar SMPN 1 Barat kelas 9 E, kepada detikcom mengaku dirinya punya trik agar lolos dari kejaran polisi. "Saya lewat jalan di kampung mas, parkir saya juga aman di dalam perkampungan," tuturnya.

Dia mengaku dirinya sempat panik karena tidak memiliki SIM. Namun akhirnya dirinya bisa bernafas lega bisa lolos dan tidak telat masuk sekolah.

Pelajar ini terpaksa jalan kaki karena motornya ditahan/Pelajar ini terpaksa jalan kaki karena motornya ditahan/ Foto: Sugeng Harianto

"Maaf mas saya buru-buru telat," tambahnya sambil berlari masuk gerbang sekolah.

Di sekitar SMPN 1 Barat ada 10 tempat jasa parkir yang didominasi pelanggan pelajar. Dalam sehari, ada 50 kendaraan yang diparkir di tiap tempat jasa parkir.

"Sehari sekitar 50-an pelajar SMPN 1 parkir di tempat saya. Tapi ini berkurang, karena ada operasi zebra," ungkap pemilik usaha Parkir di depan SMPN 1 Barat yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara itu Baur Tilang Satlantas Polres Magetan Aiptu Agus Rudy mengakui kecolongan dengan ulah pelajar SMP yang lolos dari razia. "Anak-anak lebih pintar mengelabuhi, cari jalan tikus," ungkapnya.

Rudy mengaku dari hasil operasi zebra pagi ini ditemukan 70 pelanggaran. Pengendara rata-rata tidak memiliki SIM karena masih di bawah umur.

"Khusus di sini (Pengairan Barat) ada 70 tilang mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 07.15 WIB dan untuk keseluruhan selama 10 hari ini sudah 1.500 pelanggaran, kita tilang," ujarnya.

Operasi Zebra tahun ini digelar mulai 31 Oktober-14 November 2018. Pantauan detikcom tampak para pelajar yang tidak membawa kelengkapan kendaraan pun harus berjalan kaki sambil menenteng helm karena motornya ditahan polisi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed