DetikNews
Kamis 08 November 2018, 17:39 WIB

Longsor, Jalur Nasional Trenggalek-Panggul Retak dan Rumah Warga Rusak

Adhar Muttaqin - detikNews
Longsor, Jalur Nasional Trenggalek-Panggul Retak dan Rumah Warga Rusak Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Sebuah rumah milik warga Kecamatan Munjungan Trenggalek, rusak tertimpa longsor. Dinding rumah bagian belakang jebol tertimpa batu berukuran besar. Sementara ruas jalan nasional Trenggalek-Panggul retak dan ambles.

Dari data di Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Trenggalek, tanah longsor kali ini menimpa rumah milik Jumingan warga Dusun Kaliatal, Desa Besuki, Kecamatan Munjungan.

Longsornya tebing di belakang rumah korban terjadi setelah wilayah Panggul diguyur hujan dengan intensitas sedang selama lebih 3 jam. Saat hujan masih berlangsung, material tanah bercampur batu tiba-tiba ambrol dan menimpa rumah bagian belakang.

"Material yang longsor tingginya satu meter dan lebarnya sekitar dua meter, namun ada material batu yang lumayan besar, sehingga menjebol dinding," kata Kasubbag Humas Pemkab Trenggalek, Agus Wiyono, Kamis (8/11/2018).

Menurutnya, proses pembersihan saat ini masih belum bisa dilakukan dengan maksimal, karena kondisi tanah masih relatif labil.

Batu besar longsor timpa rumah warga/Batu besar longsor timpa rumah warga/ Foto: Adhar Muttaqin

Selain longsor, tingginya curah hujan di wilayah Trenggalek juga berdampak terhadap jalan nasional Trenggalek-Panggul. Ruas jalan di KM 19 Desa Wonokerto, Kecamatan Suruh ambles dan retak.

"Amblesnya jalan tersebut sudah lama terjadi namun karena hujan yang terjadi kemarin cukup deras sehingga mengakibatkan amblesnya jalan semakin melebar," jelas Agus.

Dia menjelaskan, panjang jalan yang ambles mencapai 25 meter dengan lebar 6 meter. Saat ini petugas BPBD Trengalek memasang garis pembatas di titik lokasi agar tidak menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Untuk para pengendara yang melintas di ruas jalan tersebut untuk berhati-hati," imbuh Agus Wiyono.


Saksikan juga video 'Gotong Royong Bersihkan Longsor di Trenggalek':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed