DetikNews
Kamis 08 November 2018, 15:21 WIB

Ibu Gangguan Jiwa Lahirkan Bayi di Gardu Desa Kejutkan Warga Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Ibu Gangguan Jiwa Lahirkan Bayi di Gardu Desa Kejutkan Warga Lamongan Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Seorang ibu mengalami gangguan jiwa atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), melahirkan bayi di gardu desa. Bayi yang dilahirkan di pos kamling Dusun Kuwati Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, ini membuat geger.

Informasi yang dihimpun, ibu yang mengaku bernama Neti dan mengaku berasal dari Campang, Bandung, Jawa Barat, diketahui warga sudah 2 hari bertahan di pos kamling.

"Iya, seorang ibu yang diketahui ODGJ melahirkan di gardu Desa," kata Camat Paciran, Fadli kepada wartawan, Kamis (8/11/2018).

Fadli mengatakan, ibu ini diketahui warga sudah beberapa hari bertahan di gardu desa dan tidak ada yang memperhatikan dan dibiarkan saja. Namun pada Rabu (7/11) sore, lanjut Fadli, warga mendapati Neti mengerang kesakitan sehingga warga berinisiatif memanggil bidan desa untuk merawatnya.

"Setelah ada bidan desa, diketahui jika perempuan ini ada tanda-tanda hendak melahirkan," katanya.

Neti yang mengaku berusia 40 tahun ini kemudian dibantu bidan desa hingga melahirkan seorang bayi laki-laki. "Kini ODGJ dan anaknya dirawat di Puskesmas Tlogosadang, Paciran," tambhanya.

Sementara Kanit Serse Polsek Paciran, Iptu Joko mengaku ibu bayi masih bisa merespon, meski tidak 100 persen bisa menimpali lawan bicaranya. Ditanya nama dan alamatnya, aku Joko, perempuan ini mampu menjawabnya mengaku bernama Neti, umur 40 tahun warga Campang, Bandung, Jabar.

"Dari pengakuannya, sudah pernah melahirkan 2 kali sebelumnya," kata Joko.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed