Puluhan Pelukis dan Perupa Bicara Tentang Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 05 Nov 2018 16:05 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Agenda pameran seni bertajuk Banyuwangi Painting and Photography Exhibition telah dibuka. Berlangsung 3 hingga 11 November 2018 di Gedung Wanita, pameran seni ini menampilkan karya-karya perupa asal Banyuwangi.

Masyarakat yang datang bisa menyaksikan 104 karya lukis dan 120 karya foto dan belasan karya patung. Karya-karya tersebut ditata menarik, sehingga pengunjung bisa menikmatinya dengan nyaman.

Para seniman yang terlibat dalam pameran seni antara lain S Yadi K, Mozez Misdy, Mohammed, Joko Sutrisno, Ilyasin dan Awiki.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengaku pameran rangkaian event agenda 'Banyuwangi Festival' ini digelar sebagai panggung bagi seniman dan fotografer menampilkan karya-karyanya. Selain itu, lanjut Anas, pameran yang rutin digelar ini juga sebagai sarana memproduksi seniman baru di Banyuwangi.

"Pameran ini memberi ruang bagi seniman muda untuk menampilkan karyanya. Harapan kami, dengan rutin digelar akan melahirkan seniman-seniman baru dengan karya-karya yang menarik," kata Anas, Senin (5/11/2018).

"Kami juga berharap, pameran ini menjadi sarana para seniman berdiskusi dan bertukar pikir untuk perkembangan seni Banyuwangi ke depan," tambahnya.

Dalam pameran ini, pengunjung akan melihat berbagai karya pelukis terkenal S Yadi K, Mozes Misdy, hingga Awiki. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa membeli lukisan yang dipamerkan tersebut.

Harganya variatif. Seperti karya pelukis Ilyasin dengan lukisan gandrung klasik dilelang dengan harga Rp 7 Juta. Ada juga lukisan di atas kanvas berukuran 150x100 cm karya Awiki berjudul Bunga Kana yang ditawarkan dengan harga Rp 350 juta.

"Lukisan ini memang istimewa, milik pelukis Awiki. Seorang pelukis hebat dari Banyuwangi yang karyanya sangat diminati para kolektor," kata Ilyasin, koordinator pelukis.

Awiki adalah seorang pelukis dengan keterbatasan indera penglihatan. Namun, dia dapat menghasilkan karya-karya lukis yang tak kalah bagusnya dengan perupa-perupa lain.

Selain karya lukis, para pengunjung bisa melihat karya para fotografer Banyuwangi. Mereka semua berhasil merekam keindahan Banyuwangi dalam sebuah frame.

"Setidaknya ada 120 foto yang ditampilkan dan semua "berbicara" tentang Banyuwangi. Foto-foto ini adalah hasil lomba dan kurasi dari fotografer terpilih Banyuwangi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda.

Pameran ini juga menampilkan karya para perupa patung Banyuwangi. (fat/fat)